Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Beserta Tulisan Arab dan Lainnya

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dirindukan oleh seluruh Ummat Muslim diseluruh dunia, karena setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan di bulan ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Maka dari itu, hampir semua Ummat Muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak amal ibadah selama bulan Ramadhan. Salah satu amalan yang wajib dilakukan Ummat Muslim pada saat bulan Ramadhan adalah ibadah puasa.

niat puasa ramadhan


Sebelum menjalankan ibadah puasa, kita diwajibkan untuk membaca niat puasa Ramadhan terlebih dahulu. Niat merupakan salah satu syarat sahnya puasa dan termasuk ke dalam rukun puasa. Sebagaimana yang telah disabdakan Rasulullah SAW berikut ini,"Sesungguhnya semua perbuatan ibadah harus dengan niat, dan setiap orang tergantung kepada niatnya," (HR. Al-Bukhari).

Niat Puasa Ramadhan

Adapun niat puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin an adaai fardhi syahri romadhoona hadzihis-sanati lillahitaala.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di Bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Taala.

Niat puasa Ramadhan dianjurkan untuk dibaca setiap malam hari atau disaat melaksanakan ibadah shur sebelum memasuki waktu subuh. Jika niat puasa Ramadhan dibaca di luar waktu tersebut, maka puasa nya dianggap tidak sah. Sesuai hadis berikut ini, "Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya," (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majjah).

Dari hadis di atas dapat disimpulkan jika seseorang puasa tapi tidak membaca niat puasa Ramadhan di malam hari hingga memasuki waktu subuh, maka ia harus mengganti puasanya di bulan lainnnya karena puasanya tidak sah. Terkecuali bagi orang-orang yang tida membaca niat puasa Ramadhan dikarenakan adanya suatu utzur, seperti lupa atau tertidur sampai memasuki waktu subuh, maka ia tetap bisa menjalankan ibadah puasanya meskipun tidak membaca niat puasa Ramadhan sebelumnya.

Sumber:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url