Asupan Makanan Untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

ASI ekslusif adalah satu-satunya menu makanan yang dianjurkan bagi bayi yang baru berumur 0-6 bulan. Bahkan WHO pun sangat menyarankan pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan pertama sejak kelahiran. Jadi bayi tidak memerlukan makanan tambahan apapu selain ASI.

Bagi anda calon ibu atau ibu baru ada satu hal yang harus anda ketahui. ASI pertama berwarna kekuningan yang keluar dari puting susu jangan sampai dibuang, karena ASI kekuningan yang pertama kali keluar tersebut bernama kolostrum. Kolostrum berisi imunitas atau zat kekebalan tubuh yang akan melindungi bayi dari berbagai jensi penyakit, pada saat kondisi bayi sedang lemah.

asupan makanan bayi 0-6 bulan
 

ASI Satu-Satunya Asupan Bayi Berumur 0-6 bulan Pertama

Kenapa ASI ekslusif menjadi satu-satunya asupan makanan bagi bayi yang baru berumur 0-6 bulan pertama sejak dilahirkan. Karena ASI dapat mencukupi semua nutrisi yang di butuhkan oleh bayi hingga umurnya mencapai 6 bulan. Bahkan anda tidak merlu memberikan makana pendamping ASI (MP-ASI). Selain itu pemberian ASI eksklusif menumbuhkan jalinan kasih sayang diantara Ibu dan sang bayi.

Berikut beberapa manfaat pemberian ASI sebagai satu-satunya asupan makanan bayi umur 0 sampai 6 bulan pertama:

  1. ASI sebagai sumber nutrisi
  2. ASI menigkatkan daya tahan tubuh bayi
  3. ASI mengurangi resiko kematian bayi
  4. ASI menigkatkan tingkat kecerdasan bayi
  5. ASI menumbuhkan jalinan kasih sayang antara ibu dan bayi

Kenapa Tidak Perlu Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 0-6 Bulan?

Pada usia dibawah 6 bulan usus bayi belum sepenuhnya sempurna, bahkan dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk terbentuknya enzim yang dibutuhkan saat proses pencernaan. Selain itu ginjalpun belum bisa optimal untuk menguraikan zat sisa yang di hasilkan oleh makanan padat. Begitu juga imunitasnya dikhawatirkan kuman atau bakteri dapat terbawa masuk bersama makanan kedalam aliran darah yang dapat membahayakan keadaan bayi.

Pemberian makanan pada bayi dibawah usia 6 bulan bisa membuat bayi tersedak, hal ini terjadi karena otot bayi juga belum berkembang secara sempurna. Pada usia ini bayi belum bisa menahan ataupun menggerakan kepalanya dengan sempurna, dan juga belum mampu menggerakan makanan dari bagian depan kebelakan mulutnya dengan baik, sehingga keadaan tersebut bisa membuat bayi tersedak.

Jadi pemberian ASI sebagai satu-satunya asupan makanan pada bayi usia 0-6 bulan adalah hal terbaik. Hal ini juga sejalan dengan kesepakatan bersama yang tercantum dalam deklarasi innoceti  tentang perlindunga, promosi dan dukungan pemberian ASI anatara WHO dan UNICEF pada tahun 1990.

Demikianlah pembahasan mengenai menu makanan untuk bayi usia 0 sampai 6 bulan. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url