Mengenal Komponen-komponen Komputer Beserta Fungsinya

Ketika kamu memiliki sebuah komputer, pernahkah mencoba untuk mengetahui apa saja komponen yang ada pada komputer dan apa fungsinya? Dengan mengetahuinya, kamu bisa mencoba untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin saja terjadi dan meningkatkan ketahanan sparepartnya.

mengenal komponen-komponen komputer beserta fungsinya


Komponen-komponen Komputer dan Fungsinya

Berikut ini ulasan mengenai bagian-bagian komponen yang ada pada komputer beserta fungsinya.

1. Chasing / Case

Chasing atau case merupakan bagian terluar dari komputer, memiliki fungsi untuk melindungi perangkat komputer seperti motherboard, floppy disk, power supply, fan, transistor, dan lainnya.. Chasing komputer biasanya terbuat dari mika ataupun metal.

2. Monitor

Monitor merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk menampilkan kode program dari CPU menjadi gambar. Sekarang ini monitor komputer memiliki beragam ukuran dan juga modelnya pun semakin berkembang, mulai dari model tabung hingga sekarang ada yang slim atau layar datar dengan menggunakan teknologi touch screen.

3. Keyboard

Keyboard adalah alat yang berfungsi untuk prose input seperti mengetik ataupun mengerjakan beragam perintah pada komputer. Pada umumnya keyboard tersusun atas huruf angka dan beberapa simbol khusus yang berguna untuk melakukan perintah pada program komputer. Ada beberapa jenis konektor yang digunakan pada keyboard seperti konektor PS2, USB kebel, tetap ada pula yang sudah menggunakan wireles.

4. Mouse

Mouse ini merupakan salah satu perangkat komputer, dalam artian ini mouse tersebut bukanlah tikus sungguhan jika diartikan dalam bahasa indonesia. Perangkat ini diberi nama mouse karena terdiri dari kabel dengan ujung setengah bulat yang menyerupai tikus. Pada komputer mouse memiliki fungsi penting untuk menjalakna sebuah perintah, seperti scroll (gulir), zoom in, zoom out, dan kontrol tampilan layar. Sekarang ini mouse sudah ada yang menggunakan teknologi USB model, Optic model dan juga wireles.

5. CD/DVD ROM

Pada perangkat komputer modern, ada perangkat bernama CD/DVD Rom yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Perangkat ini memiliki bentuk persegi dengan lubang di tengah yangt biasanya digunakan untuk memasukan kepinagn CD atau DVD dan membacanya ataupun menulis dengan metode optic.

6. Power Supply

Pada sebuah perangkat komputer, power supply memiliki peranan penting untuk menyuplai daya yang digunakan dalam menghidupkan dan menstabilkan kinerja perangkat komputer. Power supply bermanfaat untuk mengubah arus AC menjadi DC. Power supply akan mudah mengalami kerusakan apabila ada tegangan yang terlalu rendah dan tidak stabil atau listrik yang sering mati secara mendadak.

7. Mainboard atau Motherboard

Mainboard atau motherboard adalah papan rangkaian sirkuit yang menjadi pusat operasional komputer. Di dalam motherboard tersusun beragam komponen penting seperti cpu, bios, cmos dll.

8. CPU / Prosesor

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat untuk melakukan pemrosesan data. Perangkat ini lah yang mengontrol semua aktivitas komputer. Secara umum, kecepatan pemrosesan CPU untuk untuk menerjemahkan perintah komputer terukur dengan satuan GHz.

9. Hard Disk (HDD) / Solid State Drive (SSD)

HDD dan SSD adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai memori internal untuk menyimpan semua data yang ada didalam komputer. Sebenarnya HDD dan SSD itu berbeda, namun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai media peyimpanan internal pada komputer. Data yang masuk pada perangkat ini bisa dihapus ataupun ditambah sesuai dengan keinginan dari pemiliknya.

10. RAM (Random Acces Memory)

RAM adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebagai hasil dari pemrosesan program. Secara umum, RAM terdapat dalam kapasitas yang sangat bervariasi mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, sampai dengan 60GB.

11. VGA Card / Kartu Grafis

VGA Card merupakan singkatan dari Video Graphics Array yang dalam bahasa Indonesia berarti kartu grafis adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menerjemahkan gambar grafis kedalam layar sehingga ketika dilihat tampilan visualnya terlihat lebih berkualitas.

12. ROM

Read Only Memory atau yang biasa di singkat ROM adalah tempat disimpannya firmware BIOS dan pengaturannya. Komputer modern terbaru saat ini sebagian besar sudah menggunakan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) dan tidak lagi menggunakan BIOS.

13. BIOS

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) yang terdapat pada komputer.

14.CMOS

CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah baterai yang memberikan daya bagi chip BIOS, sehingga pengaturan yang ada pada BIOS seperti tanggal tidak akan berubah ataupun hilang dan akan tetap berjalan meskipun komputer dimatikan.

15. Bus

BUS adalah slot yang bisa menghubungkan berbagai periperal tambahan seperti eksternal Graphic Card dan Sound Card ke motherboard.

16. Sound card

Sebagian besar motherboard memiliki sound card internal terpasang di dalamnya untuk memproses suara. Namun pengguna dapat menambahkan sound card tambahan jika memang dirasa dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

Nah, itulah beberapa komponen atau perangkat yang ada pada komputer, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam menggunakan komputer. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url