Pengertian Komputer dan Fungsinya

Banyak sekali orang yang bericara mengenai komputer, bahkan banyak diantaranya sudah banyak yang memiliki bahkan menggunakannya dalam melakukan aktivitas sehari-hari, akan tetapi masih sedikit orang yang mengetahui secara jelas pengertian dari komputer tersebut.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian dari komputer beserta fungsi-fungisnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai komputer.

pengertian komputer dan fungsinya
 

Pengertian Komputer

Istilah komputer sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu compute yang memiliki pengertian menghitung, sementara dalam bahasa latin disebut dengan computare. Secara konsep dasar komputer adalah sebuah perangkat elektronika yang dapat menghitung, beberapa perangkat seperti kalkulator, handphone, smartphone, dan lain sebagainya yang dapat mengerjakan perhitungan aritmatika, perangkat tersebut juga termasuk dalam kategori komputer.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai rangkaian komponen yang terhubung sehingga dapat melakukan pekerjaan secara otomatis sesuai dengan instruksi yang diberikan sehingga dapat menghasilkan sebuah outpu berupa informasi yang berguna bagi penggunanya.

Pada umumnya komputer terdiri dari 3 bagian utama, antara lain:

  1. Perangkat keras (Hardware) yang terdiri dari Prosessor, Motherboard, RAM, Harddisk, DVD Rom, Casing, Monitor, Keyboard, dan Mouse.
  2. Perangkat lunak (Software) yaitu sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang di instlakan kedalam hardware agar dapat bekerja sesuai perintah dari penggunanya.
  3. Pengguna komputer (Brainware) yaitu pengguna atau operator yang menjalankan komputer.

Fungsi Komputer

Pada dasarnya fungsi komputer sangat beragam tergantung pada para penggunaanya. Mengacu pada uraian ditas, berikut adalah fungsi utama dari komputer:

1. Data Input

Komputer dapat menerima perintah yang berasal dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas mouse, keyboard, ataupun perangkat lain yang dihubungkan pada komputer.

2. Data Processing

Salah satu yang menjadi fungsi utama dari komputer tersebut adalah untuk mengolah data sehingga dapat menghasilkan output berupa informasi yang dapat berguna bagi para penggunanya. Pada umumnya, data yang di proses didalam komputer adalah berbentuk tek, gambar, video, audio, dan lain sebagainya.

3. Data Output

Fungsi komputer yang berikutnya dalahuntuk menghasilkan output berupa informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat ditampilkan melalui layar monitor, printer, dan speaker.

4. Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai media tempat penyimpanan data sehingga dapat mempermudah kita untuk menemukannya ketika akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan dalam memori internal (harddisk) maupun memori eksternal (flashdisk, harddisk ekternal).

5. Data Movement

Funsgi selanjutnya dari komputer adalah untuk memindahkan data dari suatu komputer ke komputer lainnya ataupun pada peralatan output lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian komputer beserta fungsinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita mengenai komputer dan dapat menjawab dan juga menjelaskannya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url