Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup Beserta Jenis dan Contohnya

Setiap makhluk hidup akan tinggal dalam habitatnya masing-masing. Untuk bisa bertahan hidup, makhluk hidup akan melakukan adaptasi terhadap linkungan yang mereka tempati tersebut. Makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi terhadap keadaan linkungannya, ada kemungkinan besar akan mengalami kematian karena terseleksi oleh alam.

pengertian adaptasi makhluk hidup beserta jenis dan contohnya

Pengertian Adaptasi Makhluk Hidup

Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap keadaan linkungannya. Setiap makhluk hidup telah dikaruniai kemampuan untuk beradaptasi oleh Allah S.W.T. Kemampuan beradaptasi tersebut berguna untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang makhluk hidup tersebut tempati. Dengan beradaptasi maka hewan dan tumbuhan bisa terus hidupo dan terhindar dari kepunahan.

Jenis-jenis Adaptasi Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup memiliki cara beradaptasi yang berbeda-beda. Ada yang melakuakn penyesuaian diri secara morfologis, fisiologis, dan tingkah laku.

1. Adaptasi morfologi (bentuk fisik)

Adaptasi moroflogi merupakan jenis penyesuaian bentuk tubuh pada makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morofologi sangat mudah untuk dikenali, karena terlihat jelas dan mudah untuk diamati.

Contoh adaptasi morfologi pada hewan

  • Itik memiliki selaput diantara jari-jari kakinya yang membantunya untuk berenang.
  • Burung kolibri memiliki paruh yang panjang dan runcing yang membantunya untuk menghisap madu.
  • Jangkrik memiliki struktur rahang kuat yang mempermudahnya untuk mencari makan.

Contoh adapatasi morfologi pada tumbuhan 

  • Teratai memiliki daun yang lebar serta batang berongga yang berfungsi untuk mengurangi proses penguapan.
  • Kaktus memiliki lapisan lilin tebal dan batang yang berduri untuk mengurangi proses penguapan, serta akar panjang yang berfungsi untuk menyerap air dari daerah yang luas

2. Adaptasi  fisiologi (fungsi organ tubuh)

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi kerja organ-organ tubuh makhluk hidup terhadap linkungannya. Adaptasi fisiologi terjadi di dalam tubuh sehingga sulit untuk diamati.

Contoh adaptasi fisiologi pada hewan

  • Ikan air laut menghasilkan urine yang kebih pekat jika dibandingkan dengan ikan air tawar, dikarenakn kadar garam pada air laut lebih tinggi dari air tawar. Untuk mengurangi kadar garam berlebih makan ikan air laut akan mengeluarkannya bersama urine sehingga urine pada ikan air laut menjadi lebih pekat.
  • Sapi, Kerbau, Domba, dan kambing mampu mencerna makanan di dalam lambungnya dengan bantuan enzim selulosa.
  • Rayap yang hidup pada kayu dapat mencerna kayu dengan bantuan enzim selulosa yang ada pada tubuhnya. 

Contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan

  • Bunga memiliki bau yang khas dapat mengundang serangga untuk melakukan penyerbukan. Bunga jenis ini akan menghasilkan madu atau nectar.
Selain hewan dan tumbuhan, manusia juga mampu melakukan adapatasi fisiologi terhadap lingkungannya. Berikut contohnya:
  • Tubuh manusia dapat menambah jumlah sel darah merah ketika berada di daerah pegunungan. Hal tersebut berfungsi untuk mengikat oksigen (O2) lebih banyak dalam memenuhi kebutuhan sel-sel pada tubuh manusia. Dengan demikian penduduk yang tinggal di daerah pegunungan memiliki jumlah sel darah merah yang lebih banyak dibandingkan penduduk di daerah pantai.
  • Mata dapat  menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Ketika berada di tempat gelap pupil mata akan membuka lbar, sebaliknya ketika berada di tempat yang terang maka pupil mata akan menyempit.
  • Pada cuaca dingin, maka manusia cenderung memproduksi urine serta mengeluarkan urin yang lebih banyak. Hal tersebut terjadi karena pada saat cuaca dingin, ginjal manusia akan memproduksi urine lebih banyak, sedangkan pada musim panas manusia akan lebih banyak mengeluarkan keringat.

3. Adaptasi tingkah laku

Adaptasi tingkah laku merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan  cara merubah tingkah laku agar dapat terus bertahan hidup.

Contoh adaptasi tingkah laku pada hewan

  • Kucing akan mengendap-ngendap ketika mengincar mangsanya.
  • Cicak akan melakukan autotomi, yaitu memutuskan ekornya ketika dalam keadaan berbahaya.
  • Bunglon melakukan mimikiri, yaitu merubah-rubah warna kulitnya untuk menyesuaikan dengan tempat yang ia tempati.
  • Lumba-lumba dan paus akan melompat ke permukaan air untuk menghirup udara (O2).

Contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan

  • Pohon jati akan menggugurkan daunnya (meranggas) ketika musim kemarau, hal tersebut berguna untuk mengurangi proses penguapan yang terjadi pada pohon jati saat musim kemarau.
Nah, itulah ulasan mengenai pengertian adaptasi makhluk hidup beserta jenis dan contohnya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Jenis-jenis Adaptasi Makhluk Hidup dan Contohnya" diakses pada 12 Juni 2020, dari https://www.amongguru.com/jenis-jenis-adaptasi-makhluk-hidup-dan-contohnya/

Artikel berjudul "Adaptasi Makhluk Hidup" diakses pada 12 Juni 2020, dari https://www.dosenpendidikan.co.id/adaptasi-makhluk-hidup/
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url