Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Habitat Beserta Contoh dan Fungsinya

Habitat merupakan tempat yang ditinggali oleh makhluk hidup dan organisme lainnya untuk hidup dan juga berkembang biak. Namun tidak semua tempat yang ada di bumi ini bisa menjadi habitat bagi makhluk hidup, karena tempat-tempat yang ada di permukaan bumi ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti faktor suhu, ketinggian, kedalaman, intensitas cahaya dan faktor-faktor lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan mengenai pengertian habitat dan contohnya dibawah ini.

pengertian habitat beserta contoh dan fungsinya

Pengertian Habitat

Secara umum habitat adalah suatu tempat yang ditinggali oleh sekelompok spesies makhluk hidup untuk hidup dan berkembang biak, sehingga terbentuk suatu jaringan kehidupan. Pada dasarnya habitat terdiri dari berbagai macam faktor seperti faktor fisik, tanah, kelembaban, cahaya, suhu, dan juga faktor biotik seperti adanya predator dan ketersediaannya makanan.

Perlu kita ketahui, istilah habitat bukan hanya digunakan dalam konteks ilmu Ekologi saja, namun habitat lebih di identikan sebagai tempat yang ditinggali oleh suatu spesies makhluk hidup.

Contoh Habitat

Berikut ini beberapa contoh dari habitat di yang ada di sekitar kita.
  • Habitat orang utan, yaitu pepohonan hutan.
  • Habitat harimau, yaitu hutan.
  • Habitat ikan hiu, paus , dan lumba-lumba, yaitu laut.
  • Habitat ikan mas, gurame, dan nila, yaitu perairan tawar.
  • Habitat eceng gondok, yaitu perairan yang terbuka.
  • Habitat pohon bakau, yaitu daerah pantai atau daerah pasang surut.
  • Habitat pohon durian, yaitu darata dataran rendah.
  • Habitat pohon cemara, yaitu hutan dataran tinggi.

Fungsi Habitat

Berikut fungsi utama dari habitat, diantaranya:

1. Tempat untuk hidup

Fungsi utama dari habitat adalah sebagai tempat hidup makhluk hidup. Dengan habitat yang sesuai maka suatu spesies makhluk hidup dapat bertahan hidup, berkembang biak, dan mencari makan.

2. Sebagai tempat perlindungan

Fungsi selanjutnya adalah sebagai tempat perlindungan, karena habitat yang sesuai akan mempermudah suatu spesies makhluk hidup untuk bertahan dari berbagai macam ancaman, misalnya ancaman dari predator atau pemangsa.

Karena habitat sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, maka dari itu kita harus menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Demikan artikel menganai pengertian habitat beserta contoh dan fungsinya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat, jika ada kesalahan mohon maaf sekian dan terika kasih.

Referensi:

Artikel berjudul "Pengertian Habitat dan Contohnya" diakses pada 13 Juni 2020, dari https://pengayaan.com/pengertian-habitat-dan-contohnya/

Artikel berjudul "Pengertian Habitat, Jenis, dan Contoh Habitat di Sekitar Kita" diakses pada 13 Juni 2020, dari http://www.pengertianku.net/2019/06/pengertian-habitat-jenis-dan-contoh-habitat-di-sekitar-kita.html
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi