Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Fotosintesis Beserta Proses dan Fungsinya

Berbeda dari hewan dan manusia yang mendapatkan energi dari makhluk hidup dengan melalui makanan, tumbuhan merupakan makhluk hidup yang mampu membuat dan menyediakan makanannya sendiri melalui sebuah proses yang disebut proses fotosintesis.

pengertian fotosintesis beserta proses dan fungsinya

Pengertian Fotosintesis

Proses fotosintesis berasal dari bahasa Yunani yaitu "foto" yang berarti cahaya dan "sintesis" berarti menggabungkan atau penggabungan. Jadi, proses fotosintesis adalah proses penggabungan molekul sederhana menjadi molekul kompleks yang dalam prosesnya dibantu dengan cahaya matahari.

Makhluk hidup yang mampu melakukan proses fotosintesis adalah makhluk hidup yang memiliki zat hijau daun (klorofil). Walau hanya sebagian makhluk hidup yang memiliki klorofil, proses fotosintesis sangat penting sekali dalam sebuah ekosistem karena tumbuhan merupakan  sumber utama makanan yang ada di bumi.

Pada proses fotosintesis cahaya matahari yang di tangkap oleh tumbuhan berklorofil akan di olah mejadi makanan. Selain menghasilkan makanan pada proses fotosintesis terjadi pelepasan oksigen ke udara, sehingga makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan dapat bernapas.

Bagaimana proses fotosintesi itu terjadi?

Proses fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang memiliki klorofil. Klorofil adalah sebuah pigmen yang dimiliki oleh makhlkul hidup dan menjadi salah satu molekul yang berperan penting dalam terjadinya proses fotosintesis.

Berikut penjelasan terjadinya proses fotosintesis

  • Karbondioksida yang berada di sekitar tumbuhan, langsung diserap oleh stomata yang berada di permukaan daun.
  • Air yang berada di sekitar tumbuhan, langsung diserap melalui akar yang kemudian diteruskan ke daun melalui batang-batang tumbuhan,
  • Pada siang hari, cahaya matari yang turun langsung ditangkap oleh zat klorofil yang ada pada daun untuk membantu proses fotoisntesis.
  • Cahaya matahari yang sudah ditangkap oleh klorofil akan langsung mengubah air menjadi oksigen dan hydrogen.
  • Terakhir, hydrogen yang sudah dihasilkan tadi akan langsung digabungkan dengan karbonsioksida utnuk menghasilkan zat makanan bagi tumbuhan tersebut. Sisanya, Oksigen akan langsung dilepaskan ke udara melalui stomata. Oksigen inilah yang nantinya dihirup oleh makhluk hidup seperti manusia dan juga hewan.

Fungsi Fotosintesis

Fungsi fotosintesis adalah sebagai berikut:
  • Fungsi utama dari fotosintesis adalah memproduksi zat makanan berupa glukosa untuk tumbuhan tersebut. Selain menjadi makanan bagi tumbuhan yang melakukan proses fotosintesis, glukoas juga menjadi bahan dasar dari pembuatan zat makanan lainnya, seperti lemak dan juga protein pada tumbuhan. Zat-zat inilah yang nantinya menjadi makanan bagi manusia dan juga hewan. Oleh karena itu kemampuan tumbuhan untuk memproduksi makanannya sendiri selalu menjadi yang pertama pada rantai makanan.
  • Selain menghasilkan zat makanan, proses fotosintesis juga memiliki fungsi untuk membersihkan udara, yakni mengurangi kadar karbondioksida atau CO2 yang ada di udara, karena dalam proses fotosisntesis CO2 merupakan salah satu bahan bakunya. Sebagai hasil akhirnya, selain menghasilkan zat makanan proses fotosintesis juga menghasilkan Oksigen atau O2 yang sangat diperlukan untuk kehidupan.
  • Kemampuan tumbuhan dalam melakukan proses fotosintesis inilah yang menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang telah mati dan tertimbun oleh tanah selama berjuta-juta tahun berubah menjadi batubara yang menjadi salah satu energi yang ada pada saat ini.

Oleh karena itu, penting sekali memelihara kelestarian lingkungan agar tumbuhan bisa terus hidup. Karena tumbuhan merupakan bagian penting daalam kehidupan.

Referensi:

Artikel berjudul "Pengertian dan Proses Fotosintesis" diakses pada 10 Juni 2020 dari
https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/pengertian-dan-proses-fotosintesis-1818/

Artikel berjudul "Pengertian Fotosintesis" diakses pada 10 Juni 2020, dari
https://www.cekkembali.com/fotosintesis/

Artikel berjudul "Proses Fotosintesis: Penjelasan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya" diakses pada 10 Juni 2020, dari https://saintif.com/proses-fotosintesis/
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Pengertian Fotosintesis Beserta Proses dan Fungsinya"