Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Panca Indra Beserta Fungsinya

Setiap manusia sudah di anugerahi panca indra oleh Allah SWT, untuk memudahkan manusia dalam beribadah dan menjalankan keseharainnya. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai panca indra. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada di bawah berikut ini.

pengertian panca indra beserta fungsinya

Pengertian Panca Indra

Secara umum panca indra dapat diartikan ala-alat tubuh yang berfungsi untuk mengetahui keadaan luar. Alat indra biasa disebut dengan panca indra, karena terdiri dari lima indra yakni indra penglihatan (mata), pndengaran (telinga), penciuman (hidung), peraba (kulit), dan pengecap (lidah).

Fungsi Panca Indra


1. Penglihatan (Mata)

Mata merupakan indra penglihatan yang berfungsi untuk mendeteksi cahaya yang nantinya akan ditafsirkan oleh otak. Mata memiliki tugas yang sederhana yakni hanya menetukan apakah lingkungan terang atau gelap. Dengan adanya indra yang satu ini kamu bisa melihat indahnya alam semesta.

2. Pendengaran (Telinga)

Telinga merupakan indra pendengaran yang mampu mendeteksi, mengenali suara dan juga memiliki peran lebih dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga pada makhluk vertebrata memiliki dasar yang sama mulai dari ikan hingga manusia, dengan beberapa variasi sesuai dengan fungsi dan spesies.

3. Penciuman (Hidung)

Selain berfungsi sebagai alat respirasi (pernapasan) hidung juga berfungsi sebagai alat sensorik manusia dalam menanggapi rangsangan seperti bau atau bahan kimi dalam bentuk gas. Dalam rongga hidung terdapat serabut saraf yang dilengkapi dengan sel penciuman. Setiap ujung sel memiliki rambut-rambut halus (silia penciuman) yang di tutupi oleh selaput lendir sebagai pelembab rongga hidung.

4. Peraba (Kulit)

Kulit merupakan indra peraba yang berperan agar manusia dapat membedakan kasar, halus, panas, dingin, hingga rasa nyeri. Kulit manusia terdiri dari beberapa lapisan seperti lapisan epidermis, dermis, dan hipodermis. Selain sebagai indra peraba kulit juga berfungsi sebagai alat eksresi karena terdapat kelenjar keringan (kelenjar sudorifera) yang letaknya di lapisan dermis.

5. Pengecap (Lidah)

Berkat adanya lidah yang berfungsi sebagai indra pengecap, kamu bisa merasakan manis, asin, asam, pahit dan juga gurih. Sel perasa yang ada di bagian depan dan belakang lidah, serta mulut bagian atas dan belakang, mampu mendeteksi ke lima rasa tersebut. Sel perasa ini akan terikat dengan molekul-molekul makanan dan juga miunman yang kamu konsumsi, kemudian sinyal yang diterima oleh sel perasa akan dikirmkan ke otak.

Mungkin kamu akan bertanya kenapa tidak ada rasa peda dalam daftar indra perasa. Menurut National Library of Medicine (NLM), rasa pedas tersebut sebenarnya adalah sinyal sakit, yang dirasakan oleh lidah.

Rasa manis dirasakan oleh ujung bagian lidah, rasa asin dapat dirasakan oleh bagian kiri dan kanan lidah, rasa asam dapat dirasakan pada bagian belakang lidah, sedangkan rasa asam, ada dibagian kiri dan kanan lidah.

Keberadaan kelima panca indra ini sangat penting, karena membantu kamu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika ada salah satu saja dari panca indra yang terganggu sehingga menyebabkan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter, agar gangguan yang terjadi pada panca indra kamu dapat diobati, supaya bisa mengembalikan indra ke fungsi terbaiknya.

Referensi

Artikel berjudul "Panca Indra" diakses pada 01 Juni 2020, dari https://www.dosenpendidikan.co.id/panca-indera/

Artikel berjudul "Mengenal 5 Panca Indra Beserta Fungsinya yang Mudahkan Hidup Manusia" diakses pada 01 Juni 2020, dari https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-5-panca-indra-beserta-fungsinya-yang-mudahkan-hidup-manusia
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Pengertian Panca Indra Beserta Fungsinya"