Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sebagai indra penglihatan. Di dalam mata terdapat beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Mata manusia dapat membedakan warna sampai 10 juta warna.

bagian-bagian mata dan fungsinya


Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Bagian-bagian mata terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Organ Luar

Pada organ luar mata terdapat tiga bagian yang terdiri dari:

Alis

Alis adalah rambut halus yang terletak di bagian atas mata, Alis memiliki fungsi sebagai pelindung mata dari keringat.

Kelopak mata

Kelopak mata atau palpebra merupakan kulit yang menutupi mata. Kelopak mata terdiri dari dua bagian kelopak, yaitu kelopak bagian atas dan kelopak bagain bawah. Kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari benda asing atau kotoran seperti debu dan asap.

Bulu Mata

Bulu mata adalah rambut halus yang terletak di kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Bulu mata berfungsi untuk menahan keringat supaya tidak masuk ke bola mata.

Organ Dalam

Setiap bagian yang terdapat pada organ mata saling bekerja sama mengantarkan cahaya dari sumbernya menuju ke otak yang kemudian dicerna oleh saraf. Adapun bagian-bagian tersebut adalah:

Kornea

Kornea merupakan selaput bening tembus cahaya ada pada bagian terluar bola mata. Kornea memiliki fungsi untuk melindungi bagian sensitif pada mata yang ada dibelakangnya serta membantu mata untuk memfokuskan bayangan pada retina.

Sklera

Sklera merupakan jaringan ikat yang kuat memiliki ketebalam rata-rata 1 mm tetapi pada insersi otot menebal menjadi 3 mm. Sklera berfungsi menjadi bagain dinding mata yang berwarna putih.

Pupil

Pupil merupakan organ mata yang berfungsi menentukan kuantitas cahay yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pada saat mata melihat dalam kondisi ruangan gelap maka pupil akan melebar, sedangkan disaat mata melihat dalam kondisi ruangan terang maka pupil akan menyempit. Lebar pupil diepengaruhi oleh selaput pelangi yang ada ada disekelilingnya.

Iris atau Selaput pelangi

Iris atau Selaput pelangi merupakan bagian mata yang berfungsi sebagai diafragma pada mata. Selaput pelangi inilah yang terlihat sebagai bagian berwarna pada mata.

Choroid

Coloroid merupakan selaput tipis dan lembab. Coloroid berfungsi untuk mencegah refleksi internal berkas cahaya.

Lensa mata

Lensa mata adalah organ fokus utama pada mata yang dapat membiaskan berkas cahaya yang terpantul dari objek atau benda yang terlihat. Lensa mata memiliki fungsi sebagai pengatur fokus cahaya pada mata, sehingga cahaya akan jatuh tepat di bintik kuning retina. Saat melihat objek yang jauh lensa mata akan memipih sedangkan saat melihat objek yang dekat lensa mata akan menebal.

Retina atau selaput jala

Retina atau selaput jalan adalah lapisan dalam bagian mata yang paling peka terhadap cahaya. Pada retina terdapat bagain khusus yang disebut dengan bintik kuning.

Bintik buta

Bintik buta adalah bagian dari retina yang jika bayangan suatu benda jatuh pada titil ini maka bayangan akan tidak jelas atau kabur.

Aqueous humor

Aqueous humor merupakan cairan yang ada di balik kornea.

Vitreus humor

Vitreus humor atau badan bening yang letaknya di belakang lensa.

Saraf optik

Saraf optik adala saraf berbentuk kerucut yang terdapat pada bagian dalam retina, untuk menuju ke otak.

Otot mata

Otot mata adalah bagain otot pada mata yang berfungsi untuk menggerakan bola mata.

bagian-bagian mata dan fungsinya

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Setiap organ yang ada pada tubuh wajib di jaga dengan sebaik mungkin, begitu juga dengan mata. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mata diantaranya adalah sebagai berikut:

Konsumsi makan yang mengandung vitamin A

Makanan yang mengandung vitamin A mampu menjaga kesehtan mata dari dalam, seperti wortel, tomat, alpukat, dan lain sebagainya. Selain makanan yang mengandung vitamin A, sayuran hijau juga sama pentingnya untuk dikonsumsi, karena sayuran hijau memiliki kandungan lurein yang juga dapat menjaga kesehatan mata.

Perbanyak minum air putih

Minum air putih juga menjadi salah satu cara merawat kesehatan mata. Minumlah air minimal 8 liter setiap harinya.

Perhatikan jarak pandang

Jaga jarak pandang mata dengan suatu objek atau benda yang dilihat. Seperti saat menontong televisi, membaca buku, atau bermain handphone. Hal ini dapat mata bekerja ekstra untuk fokus pada suatu objek jika terlalu dekat atau terlalu jauh. Sehingga membuat otot mata menjadi lebih tegang dan membuat kepala menjadi pusing.

Nah, itulah penjelasan mengenai bagian-bagian mata dan fungsinya semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kita sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Referensi:

Artikel berjudul "Mata Manusia" diakses pada 02 Januari 2021, dari https://id.wikipedia.org/wiki/Mata_manusia

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi