Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan

Ada banyak makhluk hidup yang hidup, tumbuh, dan berkembang berdampingan bersama manusia. Sesama makhluk hidup yang hidup di bumi ini. pastinya akan terjadi interaksi antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidu lainnya. Hubungan antara makhluk hidup yang saling mempengaruhi akan menghasilkan sebuah ekosistem.

Dalam ekosistem ada hubungan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang saling terkait di dalamnya. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

pengertian rantai makanan dan jaring-jaring makanan

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai pengertian rantai makanan dan jaring-jaring makanan dibawah ini.

Pengertian Rantai Makanan

Secara umum rantai makanan dapat diartikan sebagai peristiwa makan dimakan antar makhluk hidup dengan urutan tertentu. Tiap tingkat dari setiap rantai makanan dalam suatu ekosistem dikenal dengan istilah trofik. Adapun urutan tingkatan trofik dalam rantai makanan adalah sebagai berikut:
 
  • Tingkat pertama dalam rantai makanan adalah organisme yang mampu menghasilkan zat makanannya sendiri, yakni tumbuhan hijau atau orgainsme outrotof, tingkat pertama ini disebut juga sebagai produsen. Dimulai dari spesies tumbuhan atau produsen seperti pohon atau rumput.
  • Pada tingkat kedua dikenal dengan istilah konsumen, yakni makhluk hidup yang tidak bisa menghasilkan zat makanan sendiri dan tergantung pada organisme lain untu dapat bertahan hidup. Konsumen dibagi menjadi tiga, konsumen primer (konsumen I) cotohnya binatang pemakan tumbuhan herbivora) seperti kambing, sapi, kerbau, dan kelinci. Konsumen sekunder atau (konsumen II), adalah makhluk hidup yang memakan konsumen primer atau binatang pemakan daging (karnivora) dan konsumen tersier (konsumen III) adalah makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat II begitu seterusnya, kegiatan tersebut terus terjadi secara terus menerus hingga mencapai trofik atau tingkatan tertinggi yang disebut dengan konsumen puncak sehingga tidak ada lagi yang memakannya, seperti manusia, harimau, dan singa, mereka akan mati dengan sendirinya dan akan diurai.
  • Spesies detrivores sebagai spesies pengurai, contohnya dari spesie ini adalah cacing tanah atau kayu.
  • Spesies dekomposer, spesies ini juga merupakan pengurai akhir, contoh dari spesies ini adalah  jamur atau bakteri.

Rantai makanan makan dapat menunjuakn sebagai siapa mereka dalam interaksi satu sama lain dalam sebuah ekosistem. Manusia dan hewan memerlukan beberapa jenis makanan untuk dapat bertahan hidup. Sedangkan tumbuhan dapat membuat makanan mereka sendiri dengan melakukan proses fotosintesis. Karena tumbuhan dapat memproduksi makanannya sendiri, sehingga tumbuhan disebut sebagai produsen, sedangkan makhluk lainnya yang tidak dapat memproduksi makannya sendiri disebut dengan konsumen. Ruang lingkup yang terjadi pada rantai makanan hanya sebagian kecil dari proses alami yang terjadi pada makhluk hidup.

Pengertian Jaring-jaring Makanan

Jaring-jaring makanan merupakan gabungan dari beberapa rantai makanan yang saling berkaitan satu sama lainnya dan dikombinasikan, serta tumpang tindih dalam suatu ekosistem. Jaring-jaring makan dikenal juga sebgai sitem sumber daya- konsumen.

Antara makhluk hidup dan lingkungann merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam jaring-jaring makanan.

Apa perbedaan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan?

Organisme yang berada pada jaring-jaring makanan mempunya beberapa macam atau jenis organisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan dalam rantai makanan, organisme yang didalamnya sebagai konsumen hanya memiliki satu macam pilihan makanan saja, serta organisme yang ada dalam rantai makanan lebih sedikit jika dibandingkan dengan jaring-jaring makanan. Menurut seorang ahli biologi dari Universitas Oxford yang bernama Charles Elton (1920-an berpendapat bahwa rantai makanan atau jaring-jaring makanan bukanlah suatu unit-unit yang terisolasi, melainkan saling berhubungan antara satu sama lainnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian rantai makanan dan jaring-jaring makanan.Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian terimakasih.

Referensi:

Artikel berjudul "Rantai Makanan dan Jaring Makanan"  diakses pada 6 Juni 2020, dari https://www.dosenpendidikan.co.id/rantai-makanan/
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "Pengertian Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan"