Cara Mudah Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Secara Online

Beberapa waktu lalu siswa kelas XII dan lulusan SMA / SMK dibuat pusing karena diharuskan mengisi NPSN saat mendaftar akun LTPMT. Untuk dapat mengetahui NPSN tersebut dapat dilakukan dengan cara mendatangi sekolah.

cara cek npsn secara online


Selain mendatangi sekolah secara langsung, kamu juga bisa mengecek NPSN secara online karena pemerintah tealh menyediakan data-data tersebut melalui situs resmi milik pemerintah. Sebelum membahas lebih lanjut cara cek NPSN secara online mari kita bahas terselbih dahul mengenai pengertian dari NPSN itu sendiri.

Pengertian NPSN

NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional, merupakan sebuah kode pengenal yang bersifat unik yang dapat membedakan satu sekolah dengan dekolah lainnya. Sistem NPSN ini digunakan untuk menggantikan kode-kode yang digunakan sebelumnya.

Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN ditetapkan oleh Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) yang kemudian diberikan kepada satuan pendidik (sekolah) melalui Dinas Pendidikan yang ada di setiap wilayah masing-masing seluruh Indonesia. NPSN tersebut dapat mempermudah dalam pengelolaan data satuan pendidik.

Masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dari NISN dan NPSN. Perbedaannya adalah NISN merupakan kode pengenal yang berikan kepada peserta didik (siswa), sedangkan NPSN adalah kode pengenal yang digunakan untuk satuan pendidik (sekolah).

Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

Cara mengecek NPSN sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka situs resmi pemerintah yang menyediakan data tersebut. Berikut cara cek NPSN secara online:

1. Kunjungi situs referensi.data.kemdikbud.go.id

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs tersebut, kemudian klik pada bagian Data Master Pendidikan.

cara mudah cek npsn


2. Membuka Menu NPSN

Setelah kamu klik pada bagian Data Master Pendidikan, langkah selanjutnya adalah memilih pada bagian Pendidikan Dasar & Menengah.

cara mudah cek npsn


3. Menampilkan Jumlah Data Satuan Pendidikan Per-Provinsi

Apabila kamu sudah memilih menu Pendidikan Dasar & Menengah, maka akan menampilkan menu dengan data provinsi yang berisikan data sekolah-sekolah beserta NPSN-nya.

cara mudah cek npsn


4. Pilih Provinsi

Selanjutnya kamu harus memilih provinsi yang ingin kamu cari, sebagai contoh kita mencari data NPSN yang ada di Provinsi Jawa Barat. Jika kamu memilih provinsi kamu dapat mengklik pada bagian huruf yang berwarna merah seperti gambar dibawah ini.

cara mudah cek npsn


5. Memilih Kabupaten atau Kota

Setelah memilih provinsi, selanjutnya memilih kabupaten atau kota yang menjadi alamat sekolah dengan cara mengklik pada bagian kabupaten atau kota dimana tempat sekolah kamu berada.

cara mudah cek npsn


6. Memilih Kecamatan

Langkah selanjutnya adalah memilih kecamatan, kamu harus memilih Kecamatan tempat sekolah kamu berada. Sebagai contoh disini kita memilih Kecamatan Padaherang.

cara mudah cek npsn


7. Mencari Sekolah

Setelah kamu memilih kecamatan, maka akan muncul semua data sekolah yang ada di kecamatan tersebut lengkap dengan NPSN nya. Kamu dapat mencari nama sekolah kamu dengan melakukan scroll atau memanfaatkan menu pencarian yang tersedia di situs tersebut. NPSN yang kamu cari berada di bagian sebelah kiri dari nama sekolah.

cara mudah cek npsn


Demikianlah cara cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) secara online, Terima kasih, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url