Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Google Meet untuk Video Konferensi

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, menggunakan layanan video konferensi menjadi salah satu kebiasaan baru yang dapat memudahkan pengguna. Semua layanan video konferensi dirilis secara gratis sehingga semua orang dapat mengakses dan menggunakannya.

Salah satu layanan video konferensi yang banyak digunakan adalah Google Meet. Google Meet umumnya dipilih karena memiliki fitur yang sederhana sehingga pengaturannya lebih mudah.

cara menggunakan google meet untuk video konferensi


Google meet memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video dengan 30 pengguna lain, per-pertemuannya. Selain untuk rapat atau pembelajaran jarak kauh, Google meet juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk bersosialisai dengan teman atau rekan kerja.

Bagi Anda yang akan melakukan video konferensi dengan menggunakan Google Meet, gunakan langkah berikut.

Cara menggunakan Google Meet

Berikut ini cara menggunakan Google Meet di laptop:

  1. Buka https://meet.google.com/ di browser.
  2. Kemudian pilih 'Mulai rapat' untuk memulai video konferensi atau pilih 'Gabung ke rapat' untuk ikut bergabung (harus pakai kode).
  3. Setelah itu masuk dengan menggunakan akun Gmail Anda.
  4. Setelah masuk ke video, Anda bisa menklik tombol 'Gabung sekarang' dan bisa menyalin kode untuk mengguna peserta lain untuk ikut bergabung.
  5. Atur kamera dan mikrofon untuk memberikan izin akses.

Untuk Anda yang ingin bergabung atau mengikuti meeting online dengan menggunakan Google Meet, gunakan langkah berikut.

  1. Buka tautan https://meet.google.com/ di browser.
  2. Untuk mengikuti meeting, masukan kode yang sudah Anda terima dari pemilik ruangan ke dalam kolom "Masukan kode rapat".
  3. Setelah halaman ruang mumcul klik 'Lanjutkan' lalu 'Gabung sekarang'.

Ingatlah bahwa Anda harus memberikan izin Google Meet untuk mengakses kamera dan mikrofon yang ada di komputer dan smartphone yang Anda gunakan, atau program tersebut tidak akan berfungsi dengan baik. 

Demikianlah langkah-langkah untuk menggunakan Google meet di laptop, baik untuk membuka ruangan meeting baru maupun bergabung dalam meeting. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi