Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat E-mail dengan Benar

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui sistem online, yakni dengan mengirim lamaran dengan menggunakan e-mail. Menurut saya sendiri cara seperti ini lebih efektif dan efisien, karena pelamar tidak di bebankan untuk mencetak photo, membeli amplop dan juga mengirimkan berkas lamarannya.

Meskipun mengirim lamaran dengan menggunakan e-mail, berkas lamaran harus tetap terjaga kerapihan saat mengirimlan surat lamaran pekerjaan tersebut. Nah. agar tidak asal-asalan dalam pembuatan dan pengiriman surat lamaran melalui email yang menyebabkan  e-mail yang Anda kirimkan tidak dibaca oleh HRD, alangkah baiknya baca terlebih dahulu cara mengirim surat lamaran lewat yang satu ini sebelum mengirimkannya.

5 cara mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email dengan benar


Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat E-mail

Sebelum mengirimkan lamaran dengan menggunakan e-mail ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Tulis surat lamaran atau aplication letter di badan e-mail

Salah satu etika dalam mengirim lamaran pekerjaan dengan menggunakan e-mail adalah tidak membiarkan badan e-mail kosong. Jika hal ini dilakukan, maka kemungkinan besar pihak HRD enggan untuk mendownload dan membaca lamaran kerja yang Anda kirimkan.

Anda bisa menulis surat lamaran atau pembukaan sebelum mengirimkannya kepada pihak HRD untuk melamar pekerjaan.

2. Tulis subyek e-mail dengan posisi dan nama

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah jangan membiarkan subjek email kosong. Karena jika subjek e-mail kosong, besar kemungkinan pihak HRD tidak akan membaca e-mail yang sudah Anda kirimkan. Kalian bisa mengisi subjek e-mail tersebut dengan nama, posisi atau surat lamaran kerja.

3. Gabungkan file menjadi 1 format .PDF

Cara yang satu ini merupakan hal yang sering kali terabaikan oleh para pelamar kerja yang mengirimkan lamaran lewat email. Biasanya dalam surat lamaran pekerjaan ini dilengkapi dengan beberapa dokumen seperti surat lamaran pekerjaan, CV, foto KTP, foto KK, dan surat-surat pendukung lainnya.

Kurang lebih ada 6 sampai 8 file yang harus dikirimkan, jika file-file tersebut terpisah-pisah maka akan memiliki banyak lampiran. Nah, sebelum mengirimkannya alangkah lebih baiknya satu kan file-file tersebut kemudian ubah ke dalam format pdf.

Sehingga ketika pihak HRD mendownload file surat lamaran yang Anda kirimkan sudah menjadi satu file. Dan jangan lupa untuk membuat CV dengan semenarik mungkin.

4. Perhatikan waktu pengiriman 

Email bisa dikirim dalam waktu 24 jam, namun harus di ingat bahwa HRD juga merupakan seseorang yang memiliki waktu yang terbatas untuk membuka dan membaca e-mail yang diterima. Waktu pengiriman e-mail lamaran kerja yang tepat adalah mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00. Jangan pernah mengirim e-mail di jam istirahat, seperti saat malam hari, karena hal tersebut akan membuat HRD mengabaikan surat lamaran yang Anda kirimkan.

5. Jangan Lupa Berdoa dan kirimkan

Setelah semua dokumen persyaratan lengkap sesuai persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan, barulah kirimkan surat lamaran kerja lewat email. Jangan lupa berdoa supaya surat lamaran yang Anda kirimkan dibaca oleh pihak HRD perusahaan dan lamaran yang Anda kirimkan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan pihak perusahaan.

Semoga kalian yang sedang mencari pekerjaan cepat di terima, dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengirim Surat Lamaran Pekerjaan Lewat E-mail dengan Benar"