Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online

Untuk dapat memastikan keaslian sebuah ijazah, Kementerian riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi melakukan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL).

cara mudah cek ijazah secara online


SIVIL adalah sebuah sistem terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) yang digunakan untuk melakukan verifikasi ijazah secara elektronik. Sehingga keabsahan seorang lulusan akan dapat dengan mudah diverifikasi melalui riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

cara mudah cek ijazah secara online


Dengan adanya SIVIL masyarakat dapat dengan mudah mengecek keaslian ijazah dengan hanya mengecek nomor ijazah. Berikut cara mudah mengecek keaslian ijazah secara online.

Cara Mengecek Keaslian Ijazah

Untuk memastikan keaslian ijazah Anda, pastikan nomor ijazah tersebut dapat diverifikasi melalui SIVIL. Berikut ini cara untuk mengecek keaslian ijazah  melalui SIVIL Kemendikbud:

  1. Kunjungi https://ijazah.kemdikbud.go.id/ melalui browser
  2. Kemudian cari perguruan tinggi tempat Anda kuliah dengan cara mengetikan kata kunci, seperti Universitas, Sekolah Tinggi, dan lain sebagainya
  3. Selanjutnya masukan nomor ijazah yang tertera pada ijazah
  4. Lewati pengaman dengan menjawab pertanyaan yang di tampilkan di layar.
  5. Setelah itu klik Verifikasi

Jika nomor ijazah Anda terdaftar di PD Dikti maka akan ditampilkan informasi mengenai data diri Anda. Layanan ini hanya akan menampilkan informasi data diri dan tidak menampilkan informasi ijazah secara detail dengan alasan kerahasiaan.

Apabila nomor ijazah yang Anda miliki tidak terdaftar, silahkan menghubungi Perguruan Tinggi tempat Anda kuliah untuk memastikan bahwa data Anda telah dilaporkan ke PD-Dikti.

Itulah cara mudah untuk mengecek keaslian ijazah secara online, jangan lupa bagikan tulisan ini agar dapat membantu rekan-rekan yang lain. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url