Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh

Air merupakan komponen utama sel dalam tubuh, kandungan air dalam tubuh manusia 60-70 persen. Beberapa organ tubuhpun mengandung air, seperti paru-paru sebanyak 90, 82 persen dalam darah, 80 persen pada kulit, 70 persen pada otak. Sehingga sangat penting bagi tubuh untuk selalu mendapatkan asupan cairan dari air yang kita minum.

5 manfaat air bagi kesehatan tubuh


Kebutuhan cairan pada setiap orang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh beberpa faktor diantaranya, aktivitas, cuaca, pakaian yang digunakan, keadaan usia dan keadaan tubuh sedang sehat atau dalam keadaan sakit. 

Manfaat Minum Air Putih

Begitu pentingnya asupan cairan kedalam tubuh, kita dianjurkan meminum air sebanyak 8 liter setiap harinya. Selain penting air juga memberi manfaat bagi tubuh kita, apa saja manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat air putih bagi kesehatan.

5 manfaat air bagi kesehatan


1. Memperlancar sistem pencernaan

Dengan meminum air putih secara teratur setiap harinya dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Salah satu organ pencernaan yang membutuhkan cairan adalah usus besar. Ketika minum air putih secara rutin dapat membantu kerja usus besar, sehingga sari-sari makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Jika kita ingin menurunkan berat badan, sebelum makan  kita harus minum air putih terlebih dahulu. Kenapa? Karena dengan meminum air putih sebelum makan, akan menimbulkan efek kenyang jadi nafsu makan akan terkontrol.

3. Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh

Air putih memounyai manfaat untukmemperbaiki daya tahan tubuh kita, karena air dapat menaikan simpanan glycogen.bentuk lain dari karbohidrat yang tersimpan di dalam otot dan digunakan saat kita beraktifitas ataupun bekerja. Selain itu air putih juga bisa membantu proses pemulihan dari penyakit seperti diare dan demam. SBahkan air putih juga dapat membantu memperlambat tumbuhnya penyakit kanker serta mencegah kita dari penyakit batu ginjal dan hati.

4. Menjaga suhu tubuh

Air menghasilkan panasa, menyerap dan menghantarkan panas keselutuh tubuh sehingga suhu tubuh dapat terjaga. Diruangan yang bersuhu tidak tetap, dianjurkan untuk minum meskipun kita tidak merasa haus untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Apalagi diruangn bersuhu dingin dapat mempercepat tubuh dehidrasi jadi kita harus rutin minum air putih.

5. Menjaga kesehatan kulit

Air dapat menjaga kulit dari luar dan menjadikan kulit tetap kenyal serta mengurangi garis-garis yang dapat menimbulkan kerutan di kulit wajah. Kebersihan tubuh harus tetap dijaga dan ditambah dengan minum air sebanyak 8-10 gelas setiap harinya.

Peranan air sangat penting bagi tubuh, bukan hanya menghilangkan rasa haus, airpun dapat dijadikian terapi penyembuhan berbagai penyakit. Dengan mengetahui manfaat dari air bisa membuat tubuh kita lebih sehat dengan rutin minum air putih secara teratur.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat air putih bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk minum 8 liter air setiap hari demi tercukupinya kebutuhan air harianmu. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "5 Manfaat Rajin Air Minum" diakses pada 23 November 2020, dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-rajin-minum-air-putih/

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi