Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Internet Dalam Bidang Pendidikan

Internet menjadi salah satu penemuan paling berpengaruh sepanjang masa. Dengan adanya internet semua orang lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Selain dapat mempermudah pencarian informasi, internet juga menjadi jembatan penguhubung komunikasi antar penggunanya, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Disadari atau tidak sekarang ini internet memiliki peranan penting dalam kehidupan dan sudah di rasakan oleh semua orang. Kehadiran internet ini sudah membawa perubahan di segala bidang di termasuk bidang pendidikan.

11 manfaat internet dalam bidang pendidikan


Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang manfaat internet dalam bidang pendidikan. Apa saja manfaat internet bagi dunia pendidikan? Yuk, kita simak bersama-sama.

Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

1. Mempermudah pencarian informasi

Internet dapat mempermudah proses pencarian informasi Hanya dengan mengetikan kata kunci pada mesin pencari maka dengan waktu yang singkat semua daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari akan langsung di tampilkan di layar monitor.

2. Menghemat waktu dan biaya perekrutan pegawai baru 

Sekarang ini kita tidak perlu lagi memasang iklan mengenai informasi lowongan kerja di media cetak. Selain lebih efisien, membagikan informasi melalui internet juga dapat menghemat biaya karena tidak perlu membayar untuk jasa iklan. Para pencari kerja pun bisa lebih mudah mencari informasi lowongan pekerjaan yang diinginkan hanya bermodalkan akses internet.

3. Kemudahan dalam menarik minat calon siswa dan mahasiswa

Bagi sebuah lembaga atau sekolah yang memiliki website, tentunya akan memiliki nilai lebih di mata para pembacanya. Terlebih jika website tersebut menyajikan konten yang menarik, mudah dibaca dan bermanfaat. Hal ini tentu akan lebih menarik minat bagi calon siswa ataupun mahasiswanya.

4. Referensi bahan ajar

Kalau dulu referensi bahan ajar hanya bisa di dapatkan melalui media cetak, seperti buku, koran, dan majalah. Nah, sekarang ini internet menjadi alternatif lain dalam mencari referensi bahan ajar tersebut. Selain dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli buku, kita juga bisa menghemat waktu karena dalam sekalai pencarian akan muncul banyak referensi sesuai dengan kata kunci yang dicari.

5. Sebagai variasi metode pembelajaran

Sebagai guru, terkadang memiliki kendala dalam memberikan pemahaman terhadap murid-muridnya. Bisa jadi bukan karena materinya yang sulit, melainkan cara penyampaianyya yang kurang efektif. Apabila guru menyampaikan materi dengan cara yang monoton dan sulit dipahami, maka murid-murid akan semakin malas dalam belajar. Oleh karena itu, guru dapat memanfaatkan internet sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran.

6. Sebagai media diskusi antar guru

Biasanya pengajar memiliki kelompok pada satu mata pelajaran yang disebut dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). dengan adanya internet, diskusi kelompok bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung, misalnya melalui chat grup ataupun video konferensi.

7. Adanya fasilitas multimedia

Selain menjadi tempat mencari informasi, internet juga menyediakan fasilitias multimedia yang  dapat mendukung penjelasan materi kepada para siswa. Dengan melihat lansgung gambar atau video, diharapkan para siswa akan lebih mudah memahmai materi walupun gurunya hanya menjelaskannya secara garis besarnya saja.

8. Mempermudah pencarian materi pelajaran

Sama halnya dengan guru, melalui internet para siswa akan lebih mudah dalam mencari materi pelajaran. Selain mudah diakses, biasanya materi dari internet juga lebih mudah untuk dipahami. Selain mudah dan cepat, akses gratis menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi siswa karena dapat menghemat pengeluaran.

9. Merangsang penguasaan bahasa asing

Karena internet bersifat global, tentunya banyak dijumpai artikel yang menggunakan bahasa asing. Hal ini akan mendorong para siswa untuk ikut mempelajari bahasa asing tersebut. Sehingga penguasaan bahasa asing siswa menjadi bertambah.

10. Menunjang pelajar dalam proses pembelajaran

Internet dapat menjadi media penunjang proses pembelajaran bagi pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu agar tetap bisa mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu, internet dapat dijadikan sarana pendorong majunya pendidikan di masa yang akan datang.

11. Sebagai sarana dalam mendapatkan beasiswa

Dengan adanya internet, informasi akan lebih mudah tersebar. Bagi siswa yang sedang mencari beasiswa, akan lebih cepat mendapatkan informasi beasiswa tersebut melalui internet. Bahkan pendaftarannya pun cukup mengisi data dan aplikasi yang dibutuhkan secara online. Sehingga siswa tidak perlu repot-repot datang langsung untuk mendaftar. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan efisien.

Nah, itulah beberapa manfaat internet dalam bidang pendidikan. Semoga dengan adanya internet dapat meningkatkan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi