10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal buah pepaya, selain rasanya yang enak buah pepaya juga memiliki kandungan vitamin dan serat yang dapat melancarkan buang air besar (BAB). Tapi, tahukah kamu selain dapat melancarkan buang air besar, pepaya juga memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan? Nah, berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh.

10 manfaat buah pepaya bagi kesehatan


Apa Saja Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan?

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Berikut ini 10 manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Anti inflamasi

Pepaya memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa nyeri bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama karena kadungan enzim anti inflamasi yang ada pada pepaya. Enzim tersebut juga memiliki sifat anti kanker.

2. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Pepaya memiliki kandungan Vitamin C dan vitamin A dan juga beta karoten yang sangat diperlukan untuk menigkatkan sistem imun tubuh. Oleh karena itu, pepaya menjadi salah satu pilihan buah yang sehat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

3. Menyehatkan tulang

Kekurangan asuan vitamin K sering dikaitkan dengan resiko pada msalah tulang. penting untuk mengkonsumsi pepaya, karena pepaya memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan vitamin K untuk kesehatan tulang. Karena vitamin K berfungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi eksresi kalsium pada tulang.

4. Baik untuk penderita diabetes

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang melakukan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan bagi penderita diabetes tipe 2 ada kemungkinan dapat meningkatkan gula darah, lipid, dan insulin. Dengan satu buah pepaya berukuran sedang, mamu menyediakan serat sekitar 4,7 gram.

5. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin yang ada pada buah pepaya dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung. Penigkatan asupan kalium yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium merupakan perubahan pola makan yang penting, yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim yang ada pada buah pepaya, dapat membantu dalam mencegah oksidasi kolesterol sehingga mampu menekan kadar kolesterol dan mecegah timbulnya gejala penyakit jantung.

6. Membantu proses pencernaan

Manfaat buah pepaya yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, jika kamu mengalami susah BAB, bauh pepaya adalah solusinya. Dalam buah pepaya terdapat enzim pencernaan yaitu enzim 'papain', yang berguna membantu dalam proses pencernaan. Buah pepaya juga memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi. Kedua enzim tersebut sangat baik dalam mencegah sembelit, menjadikat BAB lebih lancar dan teratur, sehingga saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

7. Mencegah degenerasi makula

Senyawa eaxanthin antioksidan yang terdapat pada buah pepaya bermanfaat sebagai penyaring cahaya biru yang berbahaya bagi mata, melindungi kesehatan mata dan menangkal kerusakan yang diakibatkan degenerasi.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Ketika bauh pepaya digunakan sebagai obat topikal dengan cara menumbuk buahnya, dapat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi pada daerah kulit yang terbakar. Para peneliti mempercayai bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain yang terkandung dalam buah pepaya dapat berfungsi seperti salep. Salep yang di dalamnya mengandung enzim papain sudah banyak digunakan sebegai obat penyakit ulkus dekubitus atau luka baring.

9. Pencegahan Asma

Risiko meningkatnya penyakit asma, akan menjadi lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah nutrisi tertentu. Salah satu nutrisinya adalah beta karoten, yang terkandung di dalam buah pepaya. Sama halnya dengan manfaat beta karoten yang terdapat pada wortel, brokoli, melon dan juga labu.

10. Mengurangi berat badan

Penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa buah pepaya muda memiliki kandungan lebih banyak enzim dibandingkan dengan buah pepaya sudah matang. Enzim  yang ada pada buah pepaya dapat memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat, dan juga lemak pada tubuh. Sehingga sistem metabolisme pada tubuh menjadi lebih optimal sehingga pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat buah pepaya yang bisa kamu dapatkan, tentu membuat kamu tidak lagi ragu untuk mengkonsumsi buah pepaya setiap harinya. Terimaksi, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan" diakses pada 13 November 2020, dari https://www.alodokter.com/manfaat-pepaya-bagi-kesehatan

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Admin
    Admin 2 Desember 2020 pukul 14.41

    buah pepaya memang bagus, murah , sehat , bergizi dan kaya manfaat

Add Comment
comment url