Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Masuk kuliah dalam masa resesi seperti sekarang ini, membuat kita menjadi rajin mencari informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa. Tapi bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa tersebut, terlebih jika kita belum berpengalaman mendapatkan beasiswa?

7 tips mendapatkan beasiswa kuliah


Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Apakah kamu mau tahu tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah, berikut beberapa tipsnya.

1. Riset dan Rajin Mencari Informasi Beasiswa

Lakukan dengan cara jemput bola. Jangan pernah menunggu, tapi cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai peluang beasiswa. Apalagi, kalau kamu mencari beasiswa kuliah di luar negeri. Beasiswa kuliah di dalam negeri sekalipun banyak pilihannya, jadi kamu harus bisa memilah-milahnya.

Pelajari mulai prosedur, persyaratan, dan seluk-beluk lainnya dari setiap beasiswa. Baik beasiswa kuliah dalam negeri maupun beasiswa kuliah di luar negeri, setiap program beasiswa biasanya memiliki ketentuannya senidri.

2. Diskusikan dengan Guru atau Staf TU di Sekolah

Diskusikan mengenai ketentuan dan syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah tersebut dengan Guru di sekolahmu. Bila perlu tanyakan informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah kepada staf TU (Tata Usaha) sekolah. Biasanya, informasi beasiswa dari sekolah lebih aman dan terpercaya.

Bukan berarti informasi mengenai beasiswa yang kita cari sendiri tidak aman dan terpercaya. Tapi bagi kamu yang baru pertama kali mencari cara mendapatkan beasiswa kuliah, ada baiknya untuk berhati-hati supaya tidak tertipu.  

3. Pahami Jenis Beasiswa yang Diinginkan

Pahami jenis beasiswa yang sedang kamu incar. Pastinya kamu sudah tahu, bahwa beasiswa kuliah itu banyak macamnya. Ada beasiswa yang diberikan oleh pemerintah, seperti beasiswa Bidikmisi atau KIP-Kuliah, adapula private scholarship seperti beasiswa Sapoerna. Selain beasiswa dari pemerintah, biasanya kampus swastapun memiliki program beasiswa bagi mahasiswa baru.

Kenapa kamu harus mencermati setiap jenis beasiswa? Karena cara untuk mendapatkan beasiswa memiliki perbedaan pada setiap jenisnya. Misalnya, untuk mendapatkan beasiswa akademik adalah dengan menjaga nilai IPK-mu di atas persyaratan minimal.

4. Hubungi Penyelenggara Beasiswa

Jika kamu sudah mencari informasi beasiswa dan mendiskusikannya dengan guru, tapi kamu masih memiliki perntanyaan yang belum kamu pahami, jangan ragu untuk menanyakan langsung kepada pihak penyelenggara beasiswa

Selain mendapatkan informasi yang lebih akurat, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menghubungi pihak penyelenggara beasiswa secara langsung. Hal tersebut menunjukan bahwa kamu serius, dengan menghubungi pihak penyelenggara akan menunjukan bahwa kamu memiliki keberanian untuk berinisiatif.

5. Persiapkan CV dan Portofolio

Setelah kamu mendapatkan informasi mengenai beasiswa kuliah, maka kamu perlu untuk mempersiapkan CV (Curriculum Vitae) dab portofolio. Karena CV dan portofolio tersebut memiliki peran penting untuk mendapatkan beasiswa kuliah.

Nantinya, asesor akan menggunakan CV tersebut untuk mulai menilai dan mengenal kamu.  Portofolio dapat melengkapi data diri dengan menampilkan informasi mengenai organisasi, seminar, perlombaan, dan kegiatan apa saja yang telah kamu ikuti. Jadi, persiapkan CV dan portofolio dengan sebaik dan serepresentatif mungkin.sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa.

6. Perbaiki Keterampilan Menulis dan Bicara

Jika kamu mengincar beasiswa kuliah luar negeri, maka kamu harus memperbaiki keterampilan menulis dan bicara. Biasanya beasiswa kuliah luar negeri menjadikan esai sebagai salah satu syarat dalam seleksi beasiswa tersebut. Selain melalui esai, biasanya seleksi beasiswa akan berujung pada sesi wawancara, jadi kamu harus bisa lancar dalam berbicara.

7. Memilih Sekolah Kedinasan

Salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah adalah dengan bersekolah di sekolah kedinasan. Karena biasanya Ikatan Dinas menawarkan prospek kerja yang lebih pasti bagi alumninya.

Namun harus diingat, bahwa masuk sekolah kedinasan harus melalui seleksi yang cukup ketat. Sekolah kedinasan memiliki sistem perkuliahan yang berbeda dengan kampus-kampus pada umunya. Di sisi lain tidak semua pelajar memiliki minat untuk masuk dan bersekolah di sekolah kedinasan.

Nah, Itulah beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah baik beasiswa kuliah dalam negeri ataupun beasiswa kuliah di luar negeri. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi