10 Kebiasaan Yang Sering Kita Lakukan Ternyata Salah

Sebagai manusia yang penuh dengan berbagai aktivitas tentunya banyak hal yang kita lakukan dalam setiap harinya. Tapi tahukah kamu bahwa selama ini ada kebiasaan yang sering kita lakukan  padahal kebiasaan tersebut ternyata salah.

10 kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata salah
 

Kebiasaan Yang Sering Kita Lakukan Ternyata Salah

Apa saja kebiasaan yang terlanjur kita lakukan tapi ternayat salah? Yuk, simak dibawah ini 10 kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata salah.

1. Memegang setir mobil

Masih banyak orang yang mengemudikan mobil dengan memegang setir secara asal. Sangat penting mengetahui cara yang tepat saat memegang stir mobil, hal ini dapat menyelematkan pengemudi dari cedera dalam kecelakaan. Posisi paling aman saat memegang stir yaitu dengan posisi sejajar. Jika di ibaatkan sebauh jam, posisi tangan berada pada posisi ankga 3 dan angka 9. Posisi seperti ini akan membuat kantung udara terbuka sengan mudah sehingga dapat melindungi kepala dan juga tubuh jika terjadi kecelakaan.

2. Duduk di toilet

Sebagian orang menggunakan toilet duduk tanpa memikirkan apa dampak bagi kesehatan tubuh. Saat akan menggunakan toilet duduk kamu harus membersihkannya terlebih dahulu, jadi jangan asal duduk. Siram seluruh bagian permukaan toilet dengan menggunakan air kemudian gunakan tisu antiseptik untuk mengeringkannya baru kemudian menggunakan toilet.

Posisi duduk juga jangan tegak lurus atau 90 derajat. Pada posisi 90derajat, maka sudut pada bagian usus akan tertutup dan terganggu. Posisi terbaik saat menggunakan toilet adalah 30 derajat dengan posisi tubuh membungkuk kedepan. Posisi ini merupakan posisi paling alami yang dapat melancarkan proses pembuangan, mencegah sembeli dan juga kankker usus.

3. Waktu terbaik untuk memakai deodoran

Selama ini masih banyak orang yang menggunakan deodoran setelah selesai mandi pada  pagi hari. Ternyata waktu paling efektif untuk menggunakan deodoran adalah pada malam hari, tepat sebelum tidur, pada saat kulit ketiak dalam keadaan kering dan kelenjar keringat dalam keadaan tidak terlalu aktif. Deodoran bisa aktif selama 24 jam, yang berartu pori-pori akan tetap terpasang bahkan setelah kamu mandi di pagi hari. 

4. Menyimpan pakaian

Selama ini kita menyimpan pakaian dengan cara dilipat. Padahal cara terbaik menyimpan pakaian untuk memanfaatkan ruangan pada lemari dan agar baju tidak kusut adalah dengan cara menggulungnya sehingga tidak ada bekas lipatan pada pakaian.

5. Batuk

Hampir semu orang ketika batuk akan menutupnya dengan menggunakan tangan. Padahal virus sangat mudah sekali menyebar melalui sentuhan tangan. Karena kamu menyentuh semua benda dengan menggunakan tanga, seperti memegang gagang pintu, memegang uang, dan lain sebagainya. Jadi lebih baik ketika kamu bersin atau batuk tutuplah dengan mengguanakan sapu tangan bersih. Jangan lupa cuci tangan dengan menggunakan sabun.

6. Tidur tengkurap

Sebagian orang lebih suka tidur dengan posisi tengkurap. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena dapat menghambat saluran pernafasan, dan tidak baik untuk pertumbuhan tulang belakang. Lebih baik tidur dengan posisi tubuh miring kekanan.

7.  Tidak pakai masker saat mengendarai motor

Kebiasaan kita selama ini saat mengendari motor terutama pada jarak dekat, tidak mau memakai masker. Tahukah kamu, udara saat ini semakin tercemar oleh polusi, banyak sekali zat berbahay didalamnya. Kebiasaan tidak menggunakan masker ketika mengendarai motor dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan jantung dan juga paru-paru.

Jadi, selalu gunakan masker saat mengendarai motor walaupun jarak dekat dan jangan lupa untuk menggantinyanya setiao hari.

8. Terlalu lama duduk saat bekerja

Biasanya karena alasan deadline, banyak orang menghabiskan waktu lama duduk didepan komputer. padahal kebiasaan ini sama sekali tidak sehat. Duduk dalam jangka waktu yang lamai dapat meningkatkan resiko obesitas, diabetes tipe 2, nyeri punggung, dan gangguan kardiovaskular. Selain itu, mata yang terlalu lama menatap layar komputer juga akan mengalami masalah seperti mata lelah, ata merah, mata berair, dan masalah mata lainnya.

Agar terhindar dari masalah-masalah tersebut, lakukanlah peregangan dengan melakukan gerakan-gerakan ringan seperting stretching, berjalan sebentar tanpa menggunakan alas kaki. Setelah melakukan peregangan, kemudian pejamkan mata kuat-kuat dan pijat kelopak mata secara perlahan. Dengan memijat kelopak mata secara perlahan dapat mengurangi kelelahan pada mata. Ingat ya, kita ini bukan robot yang bisa bekerja terus menerus tanpa istirahat.

9. Kebiasaan ngemil

Banyak orang yang suka sekali negmil, terutama perempuan. Ngemil atau makan-makanab ringan merupakan kebiasan buruk yang dapat memicu dan meningkatkan resiko obesitas. Karena makanan ringan yang dimakan sebagi camilan rata-rata memiliki kandungan MSG, pemanis atau pewarna yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Agar lebih sehat, gantilah camilan kamu dengan makanan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

10.  Terlalu asyik bersosial media

Pada jaman sekarang, sepertinya tidak ada yang tidak mengenal sosial media. Dari ana-anak, remaja, dewasa, sampai kakek nenek juga tahu atau bahkan memiliki yang namanya sosial media. banyak yang menghabiskan waktu hanya untuk mengamati sosial media dan terbawa larut didalmnya.

Ketika kita terlalu asyik saat menggunakan sosial media, membuat tubuh menjadi kuang bergerak. Akibatnya terancam obesitas, juga dapat menimbulkan masalah lainnya sepeti sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu juga dapat menimbulkan rasa iri terhadap orang lain, selalu ingin tahu uusan orang lain dan dapat menurunkan mood. Jadi manfaatkanlah sosial media dengan bijak dengan hal-hal positif. Dan yang paling penting gunakan seperlunya saja.

Jadi, kia-kira adakah kebiasaan yang sering kamu lakukan ternyata salah? Memang tidak mudah untuk mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan, sekaliun hal itu kurang tepat dan dapat menimbulkan masalah jika dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Tapi kalau untuk kebaikan kenapa tidak? Tidak ada salahnya untuk mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url