5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha

Menjadi seorang pengusaha merupakan impian dari banyak orang, karena melihat kesuksesan orang-orang yang menjadi seorang pengusaha sukses. Namun, untuk menjadi seorang pengusaha, Anda harus siap untuk kerja keras serta memiliki mental yang kuat untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.

5 hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha


Sebagai calon pengusaha Anda harus benar-benar siap untuk memulai suatu bisnis atau usaha baru. Berikut ini beberapa persiapan yang dapat kamu lakukan sebelum memulai usaha.

Persiapan Sebelum Membuka Usaha

Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha sendiri:

1. Pemilihan jenis usaha yang tepat

Sebelum memulai sebuah usaha pemulai usaha akan memikirkan mengenai jenis usaha apa yang akan dijalankan, hal ini sangat penting sekali jangan sampai memulai usaha dengan ide yang asal-asalan. Jangan terburu-buru dalam menentukan jenis usaha yang akan dijalanai, Anda harus memikirkannya dengan analisa yang benar-benar matang.

2. Pemilihan nama usaha yang tepat

Pemilihan nama usaha menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam mebangun sebuah bisnis. Agar mudah di ingat oleh pelanggan, carilah nama atau merk yang ingat dan mudah diingat. Nama yang unik dan sesuai dengan usaha yang nantinya akan Anda jalankan, karena jika naman atau merknya unik namun tidak sesuai dengan produknya, maka akan mudah ditinggalkan oleh pelanggan.

3. Pemilihan Mitra/Partner usaha yang tepat

Dalam membuka usaha tentunya kita membutuhkan mitra agar usaha Anda maju dan sukses. Oleh karena itu Anda harus selektif dalam memilih mitra dalam usaha, karena mitra yang kurang baik dan tidak jujur malah dapat menghambat usaha yang Anda jalankan. Mitra usaha tidak harus teman, saudara ataupun keluarga, mitra usaha bisa siapa saja yang penting memiliki kepribadian baik, jujur, terbuka dan berkomitmen untuk memajukan usaha yang dijalankan bersama-sama. Bila memungkinkan buatlah perjanjian hitam diatas putih mengenai pembagian hasil usaha agar lebih jelas dan transparan.

4. Pemilihan lokasi yang tepat

Salah satu hal yang perlu di persiakan dalam memulai sebuah usaha adalah lokasi yang tepat. Pastikan usaha yang Anda jalankan berada di lokasi yang tepat dan strategis. Jangan sampai lokasi yang dipilih merupakan tempat yang kurang ramai dan tidak strategis. Sebagai contoh untuk membuka usaha percetakan biasanya berlokasi dekat dengan area sekolahan, kampus dan juga perkantoran, untuk membuka usaha rumah makan biasanya berlokasi di pinggir jalan yang ramai atau di area khusus rumah makan, membuka distro pakaian usahakan berlokasi dekat dengan pasar atau tempat wisata.

5. Perhitungan yang matang dan modal yang cukup

Menentukan jumlah modal merupakan salah satu hal penting ketika akan membuka usaha, karena nantinya akan menentukan harga jual dari produk yang akan Anda jual. Jangan samapai biaya yang digunakan untuk produksi tidak sesuai dengan pendapatan yang diterima. Jika pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan besar kemungkinan dapat menyebabkan tutupnya suatu bidang usaha.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan ketika akan membangun sebuah usaha. Cermati segala aspek dan unsurnya dan jangan sampai Anda salah dalam mengambil langkah yang nantinya dapat berakibat buruk pada usaha yang Anda jalani.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url