Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih? Tanaman asli Indonesia ini sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di beberapa daerah ada sebuah tradisi mengunyah daun sirih yang di campur dengan gambir, pinang, dan juga kapur, tradisi tersebut dikenal dengan sebutan tradisi nginang.

Minyak atsiri yang ada pada daun sirih memiki banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan. Beberapa senyawa aktip yang ada pada minyak atsiri mengandung gula, betephenol, seskuitpen, pati, diastasae, klavikol yang dapat membunuh kuman dan fungisida sebagai anti jamur.

5 manfaat daun sirih untuk kesehatan


Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat yang dimiliki daun sirih untuk kesehatan, perlu kamu ketahui bahwa daun sirih adalah tanaman yang memiliki banyak kandungan air. Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air sehingga daun sisirh memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah.

Berikut ini manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh

1. Analgesik

Daun sirih merupakan obat alami yang dapat menghilangkan rasa nyeri (analgesik). Kamu bisa menggunakan daun sirih untuk meringankan rasa sakit yang diakibatkan oleh luka, memar, ruam, inflasi, gangguan pencernaan, dan juga sembelit. Kamu cukup membuat pasta dari daun sirih, kemudian oleskan pasta daun sirih di daerah memaratau ruam. Selain itu, Untuk mengurangi rasa sakit di dalam, kamu bisa mengunyah daun sirih atau dibuat jus terlebih dahulu.

2. Meringankan sembelit

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun sirih ini bagus untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Mengkonsumsi daun sirih ketika mengalami sakit perut bisa membantuk mengembalikan tingkat PH menjadi normal sehingga dapat meredakan sembelit. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara dikunyah atau dijadikan jus terlebih dahulu dan diminum ketika perut sedang kosong setiap hari untuk meredakan sembelit.

3. Meningkatkan kesehatan mulut

Daun sirih dapat membuat napas menjadi segar, melindungi mulut dari kuman, dan bakteri pactogen lainnya yang ada di mulut. Ketika kamu mengunyah daun sirih selain membersihkan mulut sekaligus melindungi gigi dari kerusakan, memperkuat gusi dan gigi. Untuk mendapatkan khasiat tersebut kamu bisa mendapatkannya dengan cara berkumur pada pagi dan malam hari menggunakan satu tetes minyak daun sirih yang dicampur dengan air hangat. Cara lainnya adalah dengan merebus daun sirih dan menggunakan ari rebusan daun sirih untuk berkumur.

4. Meredakan batuk

Saat kamu menderita batuk terus menerus kamu bisa mengatasinya denga ramuan daun sirih. kandungan antibiotik yang ada pada daun sirih dapat memudahkan pengeluaran dahak dan mengurangi peradangan yang diakibatkan batuk secara terus menerus.

berikut cara membuat ramuan daun sirih untuk mengatasi batuk:

  • Rebus daun sirih dalam air.
  • Tambahkan cengkeh dan kapulaga, rebus hingga mendidih.
  • Minum minimal tiga kali sehari.

5. Menghentikan mimisan

Daun sirih meruopakan obat yang efektif untuk mengatasi mimisan. Seringkali anak-anak mengalami yang namanya mimisan saat bermain diluar rumah dibawah terik matahari. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah ketika mimisan, Caranya dengan menggulung satu lembar daun sirih segar dan memasukannya ke dalam lubang hidung yang sedang mimisan. Dibutuhkan waktu kuramg lebih sekitar 30 menit untuk menghentikan aliran darah ketika mimisan.

Sebenarnya masih banyak manfaat dan khasiat yang terdapat pada daun sirih untuk kesehatan tubuh, jadi tidak ada salahnya bagi kita untuk membudidayakan tanaman sirih di halaman ataupun lingkungan sekitar rumah.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh"