Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Paklaring : Pengertian, Manfaat, dan Kegunaannya

Biasanya jika masa kerja sudah berakhir maka seseorang akan mendapatkan surat paklaring dari lembaga atau peusahaan tempatnya bekerja selama ini.  Dalam surat tersebut tertera informasi mulai dari pertama kali masuk kerja sampai akhir masa kerja. Selain itu, keterangan lainnya juga tertera secara rinci pada paklaring yang dikeluarkan oleh lembaga atau perusahaan tersebut.

surat paklaring : pengertian, manfaat, dan kegunaannya

Pengerttian Surat Paklaring

Paklaring adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau lembaga yang menyatakan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan atau lembaga tersebut. Di dalam surat paklaring tertulis pernyataan bahwa orang tersebut pernah bekerja pada sebuah lembaga atau perusahaan dengan jabatan tertentu dan jangka waktu tertentu.

Surat paklaring bisa dijadikan sebagai bukti bahwa sebelumnya pernah bekerja dengan posisi atau jabatan tertentu dengan jangka waktu sesuai dengan yang tertulis pada surat keterangan yang satu ini.

Keterangan yang ada pada surat parklaring ini sangat penting. Hal ini dikarenakan apabila seseorang melamar pekerjaan, maka harus diketahui apakah orang tersebut sebelumnya pernah bekerja atau belum.

Melalui surat paklaring seseorang yang melamar pekerjaan pada sebuah lembaga atua perusahaan maka lamarannya akan diperkuat dengan adanya surat parklaring yang telah dikeluarkan lembaga atau perusahaan sebelumnya.

Salah satu syarat untuk mendapatkan paklaring dari lembaga atau perusahaan tempatnya bekerja adalah masa kerja minimal satu tahun. Apa bila seseorang telah bekerja lebih dari satu tahun, maka ketika resign berhak mendapatkan paklaring.

Selain masa kerja, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah penyebab keluar dari pekerjaan atau perusahaan tersebut. Biasanya paklaring akan diberikan kepada seseorang yang keluar atau mengundurkan diri secara baik-baik bukan keluar karena dipecat.

Manfaat dan Kegunaan Surat Paklaring

Ada banyak manfaat dan juga kegunaan dari surat yang satu ini. Selain menjadi bukti bahwa orang tersebut pernah bekerja pada suatu perusahaan atau lembaga, surat paklaring juga dapat digunakan untuk mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS Ketenagakerjaan, melamar pekerjaan, bisa juga digunakan untuk pengajuan pinjaman ke Bank. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat dan kegunaan surat paklaring:

1. Pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu manfaat dan kegunaan dari paklaring adalah untuk melakukan klaim atau pencairan dana JHT (Jaminan Hari Tua) dari BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk melakukan pencairan dana JHT, kamu harus memfotokopi terlebih dahulu surat yang satu ini, kemudian datang ke dinas ke tenaga kerjaan untuk melakukan proses legalisir surat paklaring.

Pastikan bahwa tanggal berhenti bekerja yang ada di surat paklaring sesuai dengan yang tertera di dokumen kantor BPJS Ketenagakerjaan, agar proses pencairan dianggap legal.

2. Melamar pekerjaan di perusahaan lain

Meski tidak semua perusahaan atau lembaga meminta untuk melampirkan surat paklaring sebagai syarat untuk melamar kerja, namun sebagian besar pelamar yang sudah pernah bekerja sebelumnya dan memiliki pengalaman dan melamar untuk posisi supervisor ke atas akan dimintai surat ini sebagai bukti bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan atau lembaga yang tertera di CV.

Biasanya surat paklaring akan diminta oleh perusahaan wajib sisertakan bersamaan dengan CV saat kamu mengirim lamaran, atau setelah melakukan tes wawancara secara langsung.

3. Sebagai beasiswa jalur profesional

Surat paklaring juga bisa digunakan sebagai syarat untuk pengajuan beasiswa jalur profesional, untuk melanjutkan studi ke jenajang pendidikan yang lebih tinggi.

Biasanya pemerintah atau pihak swasta yang memberikan beasiswa pada jalur ini bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3. Untuk mendapatkan beasiswa jalur profesional, pelamar wajib melengkapi dokumen pendukung, salah satunya adalah surat paklaring dan referensi dari atasan di tempat kamu bekerja.

4. Pengajuan pinjaman dana ke bank

Selain tiga hal diatas, surat paklaring juga bisa digunakan untuk melakukan pengajuan pinjaman ke Bank. mulai dari pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan), Kredit Kendaraan Bermotor, sampai dengan  KPR (Kredir Pemilikan Rumah) membutuhkan surat yang satu ini sebagai salah satu dokumen pendukung selain bukti salinan slip gaji.

Selain itu, kamu juga dapat menggunkan surat yang satu ini sebagai salah satu dokumen dalam melakukan pengajuan pembuatan kartu kredit di Bank. Dengan menyertakan surat paklaring otomatis pihak Bank akan menganggap kamu sebagai calon pemegang kartu kredit yang mampu membayar tagihan setiap bulannya.

Nah itulah pengertian dan kegunaan dari surat paklaring. Mulai sekarang ketika kamu memutuskan untuk keluar dari pkerejaan, pastika bahwa kamu sudah memiliki surat yang satu ini, karena surat paklaring memiliki banyak manfaat dan kegunaan dalam kehidupan finansial dan karier kamu di masa mendatang.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi