5 Cara Mudah Mengatasi Komedo Membandel

Selain jerawat, komedo menjadi salah satu masalah yang sering muncul pada kulit wajah yang sangat sulit untuk dihilangkan, oleh karena itu sebaiknya kita mencegah komedo muncul dengan cara rutin mencuci muka untuk menghilangkan kotoran dari make up atau juga polusi yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia berlebih dapa mmebuat kulit wajah memeiliki pori-pori yang terbuka sehingga membuat wajah rentan akan timbulnya komedo yang sanagt sulit dihilangkan. Bahkan, jika komedo dibiarkan dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

5 cara mudah mengatasi komedo membandel


Oleh karena itu, apabila kamu menggunbakan make up, sebaiknya setelah selesai langsung dibersihkan agar bahan kimi dari make up yang kamu pakai tidak merusak kulit wajah. Bagi kamu yang renatna akan timbulnya komedo sebaiknya mengurangi jumlah pengguanaan produk berbahan kimia, gunakanlah perawatan wajah yang alami.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Bagi kamu yang memeiliki maslah dengan komedo yang membandel dan sanagt sulit untuk dihilangkan, berikut ini beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo membandel.

1. Jeruk nipis kaya vitamin C

Jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo membandel di bagian hidung. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo apabila digunakan secara rutin dan teratur.

Caranya, cuci muka terlebih dahulu kemudian potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Setelah ittu, usapkan permukaan jeruk nipis pada bagian wajah yang memiliki komedo secara perlahan akrena akan menimbulkan efek perih apabila mengenai pada mata. Usapkan jeruk nipis sambil menekan-nekan kulit jeruk nipis agar sari atau airnya keluar. Tidak hanya sari atau air dari jeruk nipis saja yang dapat mangatasi jerawat membandel, ternyata kulitnya pun mampu menghilangkan komedo yang sudah lama dan membandel, karena kuit jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C.

2. Madu sebagai masker alami

Selain enak ternayata madu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah komedo yang membandel dengan cara jadikan madu sebagia masker. Seperti yang kita ketahuio madu memilikimanfaat yang sanagt untuk kulit terutama kulit wajah. Selain dapat membuat wajah lebih cerah, masker madu juga dapat melembabkan, dan juga mengobati jerawat.

Cara menggunakan masker madu untuk mengatasi komedo yaitu dengan digunakan sebelum tidur, biasakan sebelum menggunakan masker cuci muka terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran yang menempel pada wajah. Setelah itu, usapkan masker madu secara merata keseluruh bagian wajah dan biarkan selama semalaman, dan bersihkan masker dipagi hari dengan menggunakan air hangat.

3. Antioksidan alami tomat

Terntaya tomat menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunkan untuk menghilangkan komedo, karena tomat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mengangkat bakteri yang menjadi penyebab timbulnya komedo pada kulit wajah yang pori-porinya sudah terbuka cukup besar.

Gunakan scrub tomat sebagai masker secara rutin untuk menghilangkan dan mengangkat bakteri penyebab munculnya komedo. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu haluskan tomat terlebih dahulu kemudian balurkan secara merata pada bagian wajah.

Selain dapat menghilangkan komedo, jika kamu secara rutin menggunakan scrub tomat maka pori-pori pada kulit wajah akan mengecil. Nah, apabila pori-pori telah mengecil maka akan mencegah jerawat dan komedo muncul kembali.

4. Scrub garam

Sudahkah kamu mengetahui bahwa garam memiliki perananan penting dalam membunuh kuman dan juga bakteri pada kulit. Oleh karena itu apabila kamu ingin mencegah munculnya komedo, sebaiknya gunakanlah scrubgaram secara rutin. Gunakan scrub garam dua hari sekali agar tidak merusak permukaan kulit.

Cara penggunaanya yaitu campurkan garam dengan air hangat, kemudian oleskan pada permukaan wajah dan diamkan selama beberpa menit. Setelah kering cucilah dengan menggunakan air hangat.

5. Pepaya kaya vitamin A, C dan E

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pepaya memiliki banyak kandungan vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh sepperti vitamin A, C, dan E yang sangat berperan dalam memberikan nutrisi pada kulit. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki masalah dengan komedo yang membandel sebaiknya menggunakan masker dari scrub pepaya scera rutin unutk mendapatkan hasil yang optimal.

Caranya, lumatkan buah pepaya kemudian balurkan pada bagian wajah secara merata dan diamkan beberapa saat. Ketika Scrub pepaya pada eajah sudah mengering basuh dengan menggunakan air sampai bersih.

Nah, ternyata cara mengatasi komedo membandel bisa di lakukan dengan menggunakan bahan-nahan alami. Yuk, mulai tinggalkan kebiasaan lama dalam mengatasi komedo membandel  dan mulai kebiasaan baru agar kulit wajahmu tetap sehat terawat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url