9 Tips Sukses Lolos CPNS, Wajib Disiapkan dari Sekarang

Sebentar lagi pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan segera dibuka. Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS bisa mengikuti proses rekrutmennya melalui portal https://sscn.bkn.go.id dan https://ssp3k.bkn.go.id/.

9 tips sukses lolos cpns, wajib disiapkan dari sekarang


Tips Sukses Lolos CPNS

Sambil menyiapkan berkas-berkas yang harus dilampirkan sebagai syarat mendaftar CPNS kamu bisa mempersiapkan diri untuk proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Adapun persiapan yang perlu dilakukan sebelum mengikuti SKD adalah sebagai berikut:

1. Banyak berlatih mengerjakan soal

Hal pertama yang harus dilakukan adalah banyak berlatih mengerjakan soal, karena soal-soal CPNS memiliki pola yang sama pada setiap tahunnya.

Kamu bisa mencoba mengerjakan soal-soal secara random. Bisa mencoba berlatih untuk mengerjakan soal-soal SD, SMP, SMA seperti pelajaran matematika.

2. Belajar dari buku dan aplikasi

Banyak membaca belajar dari berbagai sumber. Kamu bisa belajar dengan cara membaca atau mengerjakan soal yang terdapat pada buku-buku latihan soal SKD.

Selain belajar melalui buku kamu juga bisa belajar dengan cara berlatih mengerjakan soal melalui aplikasi simulasi CAT (Computer Assisted Test). Dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai soal mulai dari soal TWK dan TIU.

3. Luangkan waktu khusus

Salah satu kunci sukses untuk menghadapi SKD adalah dengan meluangkan waktu secara khusus untuk mempersiapkannya. Karena banyak yang gagal dalam SKD karena mereka tidak meluangkan waktu khusus untuk belajar.

Karena segala sesuatu harus dilandasi dengan niat yang kuat, karena kalau niatnya kuat sesibuk apapun pasti akan meluangkan waktu untuk belajar soal-soal SKD.

4. Survei tempat ujian

Sebelum melaksanakan test SKD, sebaiknya survei terlebih dahulu lokasi tempat ujian dilaksanakan. Mengetahui lokasi tempat ujian juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Dengan kita mengetahui lokasi tersebut dapat mempermudah kita dalam pelaksanaan proses SKD nantinya.

5. Teliti

Hal yang sangat penting dalam mengerjakan soal-soal SKD adalah ketelitian. Karena di dalam soal-soal SKD banyak pertanyaan yang menjebak dan memerlukan pemahaman lebih lanjut.

Dalam soal TIU kita dituntut untuk lebih teliti karena soal-soal tersebut tentang logika dan berhitung. Jika tidak teliti saat mengerjakan soal maka jawaban kamu akan salah yang pada akhirnya kamu tidak mendapatkan poin dari soal tersebut.

6. Manajemen waktu

Saat mengerjakan soal SKD, kamu tidak hanya dituntut untuk mengerjakannya secara tepat, melainkan kamu juga dituntut untuk mengerjakannya secara cepat. Karena tes SKD memiliki batas waktu dalam mengerjakan setiap soalnya.

Untuk efisiensi waktu kerjakanlah dari soal yang mudah dan kamu kuasai terlebih dahulu. Sementara untuk soal-soal yang sulit kamu bisa melewatinya terlebih dahulu.

7. Kerjakan dengan tenang

Ketenangan dalam mengerjakan soal menjadi salah satu hal yang diperlukan. Jangan pernah biarkan rasa gugup menggangu kamu dalam proses tes SKD. Jika kamu maka akan menggangu fokus disaat mengerjakan soap-soal SKD.

8. Datang lebih awal

Kamu lebih baik datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti macet, tersasar, ataupun kendala pada kendaraan yang kamu bawa. Jika kamu terlambat datang ke lokasi tes, maka otomati waktu kamu untuk mengerjakan soal akan berkurang.

9. Minta doa orang tua

Hal yang tidak kalah penting dalam melakuka persiapan menghadapi seleksi CPNS adalah meminta doa dari kedua orang tua. Karena doa dari orang tua sangat berpengaruh terhadap psikologis dan konsentrasi saat mengerjakan soal-soal ujian CPNS.

Nah, itulah 9 tips lolos CPNS yang perlu kamu persiapkan dari sekarang. Semoga dengan persiapan yang matang dapat memberikan hasil yang terbaik.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url