Bagaimana Adab ketika Bertemu Anak Kecil?

Sebagian besar anak kecil memiliki perilaku aktif dan dan tak jarang mereka tidak bisa diam. Saat bertemu dengan orang dewasapun mereka terkadang cuek dan tidak menghiraukan orang dewasa yang mereka temui.

Sebagai orang tua hendaklah kita tidak segan untuk memulai mengucapkan salam terlebih dahulu kepada anak kecil, baik kepada anak kandung kita sendiri ataupun bukan. Selain berpahala dengan mengucapkan salam akan menebarkan rasa cinta kasih kepada sesama ummat manusia.

bagaimana adab ketika bertemu dengan anak kecil


Adab Bertemu Anak Kecil

Selain mengucapkan salam ada beberapa adab yang harus kita lakukan ketika bertemu dengan anak kecil. Adapun adab-adabnya adalah sebagai berikut:

1. Jangan pernah cium, gendong, atau memberikan makanan tanpa izin orang tuanya

Jangan pernah mencium, menggendong ataupun memberikan makanan kepada anak kecil tanpa ada izin dari orang tuanya. Karena kita tidak pernah tahu bahwa anak tersebut memiliki alergi atau tidak dan daya tubuhnya seperti apa.

2. Jangan cium bagian bibir, atau pipi

Jangan pernah mencium bibir ataupun pipi anak kecil, karena hal tersebut dapat menjadi penyebab penularan sebuah penyakit yang mungkin tanpa sadar kita bawa..

3. Jangan bangunkan bayi yang sedang tidur

Jangan pernah mencoba untuk membangunkan bayi yang sedang tidur hanya karena kita merasa gemas dan ingin bermain dengannya. Karena kita tidak tahu sesulit apa ibunya berusaha menidurkan anaknya.

4. Jangan pernah dengan sengaja membuat anak menangis

Dengan sengaja membuat anak menangis, karena hal tersebut dapat berakibat buruk terhadap psikologi anak. Yang paling ringan, bisa membuat mood anak menjadi berantakan yang pada akhirnya anak tersebut rewel seharian. Kasihan ibunya.

5. Jangan menggelitik anak

Menggelitik anak bisa menimbulkan bahaya karena bisa membuat anak kejang dan hal tersebut tidak lucu sama sekali.

6. Selalu izin dan tanya orang tuanya

Selalu izin dan bertanya kepada orang tuanya terutama kepada ibunya sebelum bermain dengan anak mereka, dan hargai jika orang tuanya menolak atau tidak mengizinkan. Karena yang lebih memahami anak mereka adalah orang tuanya bukan kita. Kalau orang tuanya tidak mengijinkan, tidak usah julid ataupun baperan apalagi sampai membuly ibunya. Setiap orang tua mempunayi pola asuhnya masing-masing yang pasti terbaik yang dapat mereka usahakan.

Nah, itulah beberapa adab yang harus kita lakukan ketika bertemu dengan anak kecil. Kita sebagai orang dewasa harus bisa memberikan contoh dan menjadi tauladan bagi mereka, karena merekalah yang nantinya akan menjadi para penerus bangsa.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url