Butuh Liburan? Ini 7 Alasan Kenapa Kita Harus Liburan

Berlibur merupakan kegiatan yang paling menyenangkan dan sangat disukai banyak orang. Bahkan, bagi beberapa orang melakukan perjalanan wisata menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Tapi masih banyak orang yang merasa kerepotan dan juga biungung ketika akan menentukan tujuan tempat wisata yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

7 alasan kenapa kita harus pergi liburan


Biasanya, untuk berlibur yang sesuai dengan keinginan, kenanyakan orang akan sangat selektif dalam menentukan tujuan tempat wisata yang tepat. Beberapa destinasi wisata yang menjadi favorit, diantaranya wisata pantai, pegunungan, dan taman bermain.

7 Alasan Kenapa Kita Harus Liburan

Melakukan perjalanan wisata pada dasarnya mampu mengubah mengubah diri kita. Pada saat kita melakukan perjalanan wisata atau traveling klita akan bertemu dengan suasana baru, orang-orang baru, dan juga mendapat pengalaman baru. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan setelah melakukan perjalanan wisata, salah satunya yaitu dapat membuat pikiran menjadi lebih segar dan positif.

Adapun beberapa alasan kenapa kita harus melakukan perjalanan wisata adalah sebagai berikut.

1. Bisa lebih mengenal diri sendiri

Saat melakukan perjalanan wisata atau traveling, pastinya kita akan menemuia banyak hal baru. Ketika kita mengetahui apa yang lebih kita senangi, apa yang membuat kita taku, dan hal-hal lainnya. Terlebih jika kita melak   ukan perjalanan wisata seorang diri, kita yang memutuskan segalan sesuatu ketika berada di perjalanan.

2. Mengenal lebih banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda

Pada saat melakukan perjalanan sudah pasti kita akan bertemu dengan suasana dan orang-orang baru. Dengan bertemu dengan suasana dan orang baru, kitabisa mendapatkan banyak pengetahuan dan juga penagalaman.

Mengenal karakter orang lain bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi hidup kita. Karena tidak semua orang memiliki karakter yang sama. Ketika kita menemu karakter yang bersifat positif bisa kita tiru, namun ketika kita menemui karakter yang negatif bisa kita jadikan sebagai pelajaran bagi diri kita dalam menjalani kehidupan

Karena tidak semua orang memiliki karakter yang sama, bisa saja memiliki karakter yang berkebalikan dengan karakter diri kita. Apa yang ada pada diri orang lain bersifat positif bisa kita  ambil sebagai contoh, dan hal yang negatif bisa kita jadikan sebagai pelajaran.

Sebuah ungakapan yang mengatakan bahwa kita harus berhati-hati dengan orang yang belum kita kenal memang benar adanya. Namun bukan berarti kita harus menjauhi dan tidak boleh berteman dengan orang baru. Memiliki banyak teman yang memiliki karakter dan daerah yang berbeda-beda dapat memberikan pengalaman dan juga pelajaran dalam hidup

3. Membuka wawasan baru tentang dunia luar

Jika kita hanya melakukan kegiatab yang sama secara terus menerus, pastinya kita akan merasa serta wawasan yang kita miliki tidak akan bertambah. Dengan melakukan perjalanan ke tempat yang baru, pastinya kita akan menemui hal-hal baru pula.

Pada zaman sekarang ini kita dengan mudah dapat mencari informasi melalui internet. Namun, ketika kita melakukan perjalanan, ada satu hal yang bisa kita dapatkan yang tidak bisa kita dapat ketika mencari informasi melalui internet, yaitu rasa.

Saat berkunjung ketemoat baru kita dapat merasakan sendiri apa yang ada ditempat tersebut. salah satu contohnya adalah kita bisa merasakan dan  mencoba langsung makanan khas dari setiap daerah misalnya Gudeg yang menrupakan makanan khas dari Yogyakarta. Tetapi jika kita tidak pernah melakukan perjalanan dan mencobanya maka kita tidak akan tahu bagaimana rasanya.SAtu hal kecil seperti ini dapat menambah wawasan kita mengenai dunia luar.

4. Manajemen keuangan

Melakukan perjalanan wisata pastinya membutuhkan biaya. Kecuali jika perjalanan tersebut seluruh akomodasinya dibiayai oleh sponsor. Tetapi pada umumnya, ketika melakukan perjalanan wisata kita akan mengatur sendiri bagaimana keuangan ketikat di perjalanan nanti.

Menyisihkan sebagian dari gaji disetiap bulannya untuk perjalanan wisata juga merupakan salah satu contoh dari manajemen keuangan. Melalui hal-hal seperti ini kita dapat belajar lebih bijak dalam mengatur uang.

5. Kemampuan beradaptasi

Saat berada di tempat baru, secara tidak langsung alam bawah sadar kita akan melakukan adaptasi dengan lingkungan tersebut. Pada mulanya mungkin kita akan merasa kaget karena belum terbiasa, namun dengan seiring berjalannya waktu maka kita akan mulai belajar untuk menyesuaikan diri. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki rasa tidak percaya diri ataupun tidak aman ketika berbeda di tempat baru.

6. Lebih mencintai Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat indah, tidak kalah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Banyak sekali tempat di Indonesia yang bisa kita explore keindahannya. Dengan mengunjungi tempat yang belum pernah kita sambangi sebelumnya akan memberikan sebuah pelajaran mengenai makna perbedaan. Apabila kita dapat menerima dari perbedaan-perbedaan itu, maka rasa cinta terhadap Indonesia akan tumbuh dalam hati kita.

7. Rasa syukur terhadap tuhan

Dengan melakukan perjalanan wisata atau traveling kita akan menikmati ciptaan Allah S.W.T yang terhampar luas di bumi ini. Keindahan alam, nikmatnya hidup dalam keberagaman, dan rasa senang yang timbul dari diri kita akan membuat kita menjadi lebih bersyukur kepada Allah S.W.T. Ini membuktikan bahwa dengan melakukan perjalan wisata dapat membuat kita lebih dekat dengan sang pencipta.

Nah, itulah 7 alasan kenapa kita harus pergi berlibur, dengan berlibur kita akan merasa lebih segar dan lebih bersemangat dalam bekerja. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url