10 Tempat Wisata di Kabupaten Sumedang yang Wajib Kamu Kunjungi

Sumedang adalah sebuah kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan tahunya, Sumedang juga memiliki tempat wisata yang sanagt menawan. Kalau kamu tinggal di daerah perkotaan, Sumedang bisa menjadi pilihan yang pas menjadi tujuan kamu untuk sekedar rehat sejenak dari bisingnya perkotaan. Jika kamu berlibur ke Sumedang kamu tidak akan merasakan bosan. Karena banyak sekali tempat menarik yang dapat kamu kunjungi.

tempat wisata di kabupaten sumedang yang wajib kamu kunjungi


Tempat Wisata di Kabupaten Sumedang

Kalau kamu belum pernah ke Sumedang, berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kamu jadikan referensi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang menjadi salah satu tempat wisata di Sumedang yang masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Situ Cilembang memiliki pemandangan alam yang eksotis, air danaunya sangat jernih, bahkan saking jernihnya, kamu bisa melihat ikan-ikan cantik berenang di dasarnya hanya dengan menggunakan mata telanjang.

Situ ini masih dianggap keramat oleh masyarakat sekitarnya. Sehingga ada hari-hari tertentu tempat ini tidak boleh dikunjungi oleh wisatawan, taitu pada hari selasa, dan hari jum'at. Karena air situ atau danau tersebut menjadi sumber air untuk warga, kamu tidak diperbolehkan untuk berenang di danau tersebut.

Situ cilembang juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir, pusat jajanan dan oleh-oleh.

2. Paralayang Batu Dua

Paralayang Batu Dua berada di lereng bukit yang ada di kawasan gunung lingga. Bagi kamu yang suka dengan olahraga yang menantang dan memacu adrenalin, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi.

Di tempat ini ada beberapa titik uap panas bumi yang dapat menerbangkan paralayang menjadi lebih tinggi bahkan bisa lebih dari 1000 mdpl. Selain paralayang tempat ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah, terlebih jika dilihat dari ketinggian.

Selain bermain paralayang dan melihat pemandangan, kamu juga bisa berwisata ziarah. Karena di batu dua terdapat Prabu Tajimalela, yang menjadi Raja Sumedang pertama. Kamu juga bisa berkemah ditempat ini, karena terdapat lokasi perkemahan disini.

3. Kampung Toga

Toga merupakan kependekan dari tanaman obat keluarga. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang dijadikan apotek tanaman hidup. Bagi para pengunjung yang datang ke kampung toga, selain berwisata juga bisa belajar mengenai tanaman obat.

Kampung toga menyajikan pemandangan alam khas pegunungan. Biasanya di tempat ini sering dijadikan tempat untuk menggelar event paralayang. Selain itu, kampung toga juga dijadikan tempat berlatih para pilot gantole.

4. Curug Gorobog

Curug gorobog memiliki pemandangan yang sangat asri, bersih, dan sudah dikelola dengan baik. Lokasi curug gorobog juga tidak terlalu jauh dari pusat kabupaten.

Disini kamu bisa puas berenang, dan juga melakukan swaphoto di undak-undakan ari terjunnya. Curug gorobog juga disediakan fasilitas seperti toilet umum, tempat berganti pakaian, gazebo, dan tempat samaph sehingga kamu bisa nyaman saat berkunjung ke curugu gorobog.

5. Mata Air Sirah Cipelang

Mata air cipelang memiliki kedalaman 2 meter dan pada bagian hilirnya dibuat kolam penampungan dengan ukuran kurang lebih 10 meteran. Karena tempat ini masih dikelola swadaya oleh masyarakat setempat, jadi fasilitasnya pun masih seadanya.

Ditempat ini belum tersedia tempat berganti pakaian, dan sebaiknya jika kamu akan berkunjung ke sini bawalah perbekalan dari rumah, karena belum ada pedagang yang berjualan di disekitar lokasi wisata. Disini baru ada fasilitas area parkir, toilet, mushola, dan saung untuk berisitirahat.

Disini terdapat ikan-ikan kecil yang menambah keindahan saat kamu berphoto di dalam kolam tersebut. Selian itu pepohonan yang rindang menambah kesan sejuk dan nyaman saat kamu mengunjungi tempat yang satu ini.

6. Gunung Kunci

Bagi kamu yang suka dengan wisata sejarah, bisa mengunjungi gunung kunci. Tempat yang satu ini dikenal memiliki sejarah penjara peninggalan zaman penjajahan Belanda. Dahulu tempat ini dijadikan tempat untuk menahan masyarakat pribumi. dan dijadikan tempat pemabantaian bagi mereka yang melawan terhadap Belanda.

Disini terdapat beberapa tempat menarik yang dapat kamu nikmati. Ada benteng yang dibangun pada tahun 1914-1917, ada panggung terbuka, pujasera, arena bermain, tempat outbond, dan juga area joggingb track.

Selain beberapa tempat yang tadi sudah disebutkan, disini juga ada gua peningglan kolonial Belanda. Menurut masyarakat setempat, ketika malam tiba banyak makhluk astral yang sering menampakan diri. Gunung kunci memang dikenal angker oleh masyarakat Sumedang. 

7. Wisata Alam Pangjugjugan

Wisata Alam menyuguhkan pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi, ikan-ikan yang berenang, serta burung elang yang terbang dengan elok. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas, seperti bermain permainan tradisional, bermain flying fox, terapi kolam ikan, berenang dan masih banyak lagi.

Di wisata alam pangjugjuggan, kamu juga bisa belajar untuk mengolah pertanian dan juga peternakan. Disini juga ada pemondokan untuk menginap dengan pemandangan jalan desa, danau, kolam ikan, serta hamparan sawah yang luas.

8. Puncak Damar Jatigede

Puncak damar jati gede menjadi salah satu tempat wisata alam di Sumedang yang memiliki daya tarik memukau bagi para wisatawan. Di tempat ini kamu bisa melihat pemandangan pegungan dan juga hamparan bendungan Jati Gede.

Saat berkunjung ke sini kamu bisa berisitirahat di gazebo yang ada di area tempat wisata, selain gasebo di puncak damar juga ada fasilitas seperti mushola dan arena bermain bagi anak-anak. Selain pemandangannya yang indah kamu juga bisa menikmati sejuknya udara yang ada disana.

9. Kampung Karuhun

Kalau kamu sedang berkunjung ke Sumedang bersama keluarga, kamu harus berkunjung ke tempat yang satu ini, namanya kampung karuhun. Sepanjang jalan menuju kampung karuhun, kamu akan disuguhi pemandangan pedesaan, sawah, dan juga perbukitan. Jika kamu berkunjung ke kampung karuhun maka kamu akan ditawari untuk ikut menanam pohon di sana.

Saat berkunjung ke kampung karuhun ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan. seperti bersepeda, outbond, dan permainan adventure lainnya yang tersedia. Di kampung karuhun juga tersedia tempat makan khas sunda dan jajanan tradisional seperti colenak, sorabi, dan bajigur.

Kampung karuhun merupakan tempat wisata yang berkonsep eco park, di sini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti wedding outdoor, meeting outdoor, meeting room, kolam renang, futsal lumpur, camping ground, saung budaya, dan ATV.

10. Wisata Arung Jeram Pangcalikan

Wisata arung jeram ini menggunakan aliran sungai cipeles, aliran sungai cipeles memiliki keunikan karena diapit oleh tebing batu di ke dua sisinya.

Saat musim kemaru sungai cipeles sangat jernih airnya. Maka dari itu banyak para pengunjung yang menyebutnya green canyon. Kondisi jeram di sini juga sangat menantang untuk para penggemar kegiatan arung jeram.

Nah, itulah 10 tempat wisata di sumedang yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Tempat-tempat ini merupakan tempat yang bisa dijadikan referensi  untuk kamu dan keluarga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url