Pengertian Simetri Lipat dan Cara Menentukannya

Masih banyak yang merasa bingung bahkan belum mengetahui bagaimana cara menentukan jumlah simteri lipat pada suatu bidang datar. Maka dari itu, pada kesemptan kali ini kita akan belajar mengenai pengertian simetri lipat dan cara menentukannya.

pengertian simetri lipat dan cara menentukannya


Pengertian Simetri Lipat

Simetri lipat adalah banyaknya jumlah lipatan yang dapat membuat suatu bangun datar berimpit dengan bangun itu sendiri. Simetri lipat juga bisa diartikan sebagai jumlah lipatan yang ada dalam sebuah bangun datar ketika bangun tersebut dilipat maka dapat menghasilkan dua bagian lipatan dengan ukuran yang sama besar atau smetris. Dalam ilmu matematika simteri lipat diknela juga dengan istilah simetri sumbu.

Untuk dapat menentukan jumlah simetri lipat pada sebuah bangun datar, kuncinya adalah ketika dilipat semua sisi, sudut, dan bentuknya harus sama.

Sesuai dengan pengertian diatas, maka simteri lipat hanya dimiliki oleh bangun datar saja. atau bisa disebut dimiliki oleh bidang 2 dimensi. Misalnya persegi, persegi panjang, segi tiga, belah ketupat, dan lain sebagainya.

simetri lipat


Berdasarkan bentuknya, bangun datar tersebut bisa memiliki banyak sumbu lipat yang berbeda-beda sesuai dengan lipatan simetrisnya. Adapun informasi mengenai banyaknya lipatan pada suatu bangun datar adalah sebagai berikut.

  1. Segitiga sama kaki, memiliki 1 simetri lipat
  2. Segitiga sama sisi, memiliki 3 simetri lipat
  3. Segitiga sembarang, tidak memiliki simetri lipat
  4. Segi tiga siku-siku sama kaki. memiliki 1 simetri lipat
  5. Persegi panjang, memiliki 2 simetri lipat
  6. Persegi, memiliki 4 simetri lipat
  7. Trapesium sama kaki, memiliki 1 simetri lipat
  8. Layang-layang, memiliki 1 simetri lipat
  9. Belah ketupat, memiliki 2 simetri lipat
  10. Lingkaran, memiliki simetri lipat yang tidak terhingga

Nah, Itulah penjelasan mengenai simetri lipat. Semoga kalian dapat lebih memahami materi simetri lipat dengan baik. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url