Pengertian Simetri Putar dan Cara Menentukannya

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang simetri lipat, selain simetri lipat bangun datar juga memiliki simetri putar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi mengenai simteri putar pada bangun datar.

pengertian simetri putar dan cara menentukannya


Pengertian Simetri Putar

Simetri putar adalah banyaknya putaran pada suatu bangun datar dalam satu kali putaran penuh pada pusat simetri, sehingga kembali pada posisi semula.

Sebuah bangun datar dikatakan memiliki simetri putar apabila bangun datar tersebut memiliki titik pusat yang jika diputar kurang dari satu putaran akan menghaslkan bentuk yang sama seperti  semula. Dapat disimpulkan, bahwa simetri putar pada bangun datar adalah banyaknya bayang-bayang bangun datar yang dihasilkan dalam kurang dari satu putaran.

Menentukan Simetri Putar pada Bangun Datar

Terkadang kita masih merasa kesulitan dalam mendapatkan bayangan pada sebuah bangun datar saat menentukan banyaknya simetri putarnya. Dalam materi kali ini kita akan mencoba menentukan jumlah simetri putar pada bangun datar dengan menggunakan media untuk mempermudah dalam mendapatkan gambaran simetri putar pada bangun datar.

Menentukan Banyaknya Simetri Putar pada Bangun Datar

pengertian simetri putar dan cara menentukannya


1. Misalkan kita akan menentukan jumlah simetri putar pada bangun datar  peregi 6 beraturan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

2. Tentukan titik pusat putaran pada bangun datar (titik pusat dapat ditentukan dari perpotongan sumbu simetri bangun datar terebut).

3. Jiplak bangun datar tersebut pada kertas (untuk dijadikan alas).

4. Beri tanda atau lambang huruf pada setiap sudutnya (misal A,  B, C, D, E, dan F).

5. Kemudian putar bangun datar segi 6 tersebut searah jarum jam sejauh 360 derajat (hitung berapa kali segi 6 tersebut dapat menempati alasnya, yaitu gambar segi enam yang telah kita jiplak tadi).

6. Ternyata bangun datar segi 6 memiliki jumlah simetri putar sebanyak 6 (Dari sudut A diputar kemudian menempati sudut B. kemudian sudut A di putar kembali sehingga menempati sudut C dan seterusnya hingga sudut A menempati posisi sudutnya di awal).

Lakukan hal yang sama seperti diatas pada bangun datar lainnya, jika kamu ingin menentukan banyaknya simetri putar pada bangun datar tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Artikel berjudul "Simetri Putar Bangun Datar" diakses pada 04 Maret 2022, dari https://rumushitung.com/2017/05/01/simetri-putar-bangun-datar/

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url