Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

Terlalu sering meminum minuman bersoda memiliki dampak negative bagi kesehatan tubuh. Kamu harus tahu di balik sensasi rasanya yang nikmat dan menyegarkan, ternyata minuman bersoda menyimpan dampak bahaya yang serius terhadap kesehatan tubuh.

bahaya minuman bersoda bagi kesehatan
 

Bahaya Minuman Bersoda

Adapun bahaya yang dapat ditimbulkan jika terlalu sering minum minuman bersoda adalah sebagai berikut.

Membahayakan Ginjal

Minuman bersoda biasanya mengandung pewarna buatan, pewarna inilah yang dapat memicu kerusakan pada ginjal. Jika kita meminum minuman bersoda terlalu sring karena dapat memperberat kerja gnjal.

Meningkatkan Risiko Diabetes

Kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman bersoda dapat memicu, bahkan berpotensi merusak hati, hal ini dapat memicu kegagalan hati dalam memproduksi hormon insulin yang berguna dalam mengolah glukosa dalam tubuh.

Jika hormon insulin berkurang atau tidak bekerja dengan baik dalam mengolah glukosa dalam tubuh, maka kamu bisa terkena penyakit diabetes.

Meningkatkan Risiko Obesitas

Minuman bersoda mengandung 4 kali lipat kandungan gula buatan, kandungan gula yang terlalu banyak ini dapat memicu kegemukan dan meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang dewasa, namun anak-anak jua bisa menderita obesitas.

Ingat, obesitas merupakan salah satu masalah yang dapat menjadi pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain, seperti diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya.

Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh

Salah satu kandungan yang terdapat pada minuman bersoda adalah asam fosfat. Hal ini dikarenakan asam fosfat dapat melarutkan kalsium yang terdapat dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan juga keropos.

Meningkatkan Kerusakan Pada Gigi

Kandungan gula buatan yang terlalu tinggi yang terdapat pada minuman bersoda dapat memicu pertumbuhan bakteri yang banyak pada gigi. Tak hanya itu, kandungan asam fosfat pada minuman berosda juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium yang terdapat pada gigi.

Meningkatkan Ketergantungan Pada Kafein

Minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein di dalamnya. Kafein telah dikenal sejak dulu sebagai zat yang mampu membuat orang menjadi ketergantungan. Meskipun kafein memiliki efek positif terhadap tubuh, namun kapein juga memiliki efek negatif yang lebih banyak. Misalnya, dapat membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.

Memicu Penyakit Jantung dan Stroke

Minuman bersoda memberikan pasokan kalori yang tinggi pada tubuh dapat menyebabkan penumpukan lemak, kolesterol sehingga dapat memicu penyakit mematikan seperti serangan jantung dan stroke.

Merusak Otak

Studi yang telah dilakukan pada 2017 lalu menemukan, bahwa orang yang minum minuman bersoda setidaknya sekali dalam sehari dapat berisiko dua kali lipat menderita kerusakan otak lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak meminumnya.

Setelah kita mengetahui bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh minuman bersoda, ada baiknya kamu untuk segera mengurangi atau bahkan berhenti untuk mengkonsumsi minuman bersoda dan menggantinya dengan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url