Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Lailatul qadar merupakan malam yang paling dicari oleh Ummat islam pada bulan Ramadhan. Banyak Ummat muslim yang berharap bisa berjumpa dengan malam yang hanya datang pada saat-saat tertentu di bulan Ramadhan.

Tidak ada seorangpun yang mengetahui pasti kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Namun Rasulullah SAW telah meberikan sejumlah petunjuk mengenai tanda-tanda datangnya malam yang setara dengan 1000 bulan. 

Dalam Al-Qur'an telah disebutkan bahwa malam lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Doa yang dipanjatkan pada malam tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sehingga tidak jeran banyak Ummat muslim berlomba-lomba untuk mencari malam Lailatul Qadar, malam yang begitu sangat istimewa.

tanda-tanda datangnya lailatul qadar


Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar

Dalam sejumlah riwayat Rasulullah SAW telah memberikan tanda-tanda mengenai datangnya malam Lailatul Qadar. Berikut 5 tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar.

1. Udara dan Suasana Pagi Tenang

Salah satu tanda datangnya Lailatul Qadar adalah suasana pagi yang terasa tenang pada keesokan harinya. Dalam hadis yang riwayatkan oleh Ibnu Abbas, Nabi bersabda: "Lailatul Qadar adalah malam yang tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya matahari terbit dengan sinar lemah dengan warna merah."

2. Matahari Cerah tapi Tidak Panas

Tanda-tanda lain datangnya Lailatul Qadar adalah sinar matahari yang bersinar cerah tapi lemah dan tidak panas pada keesokan paginya. Ubay bin Ka'ab meriwayatkan Nabi pernah bersabda: "Keesokan hari malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan."

3. Udara Terasa Tenang

Dalam Alquran digambarkan bahwa Lailatul Qadar penuh dengan ketenangan. Suasana Lailatul Qadar sangat berbeda dengan malam-malam lainnya. Suasana terasa lebih tenang, langit tidak berawan, udara terasa sangat sejuk, tidak panas dan tidak dingin.

"Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)." (HR. at-Thobroni)

4. Bulan Terlihat Separuh

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan, Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Rasulullah SAW mengenai Lailatul Qadar. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Siapakah dari kalian yang masih ingat ketika bulan muncul, yang berukuran separuh nampan."

5. Hari Ganjil

Tanda lainnya dari Lailatul Qadar adalah datang pada hari ganjil pada sepertiga terakhir bulan Ramadhan. Sebuah hadis yang diriwatkan dari Aisyah RA menyebutkan: "Nabi Muhammad SAW selalu beritikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan". (HR: Bukhari dan Muslim).

Demikianlah 5 Tanda datangnya malam Lailatul Qadar, semoga kita dapat berjumpa dengan malam yang lebih baik dari 1000 bulan tersebut.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url