5 Bahasa Daerah Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

Selain dikenal sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki banyak bahasa daerah. Berdasarkan data dari Ethnologue tercatat bahwa Inondoneis memiliki 726 bahasa yang tersebar di berbagai etnis atau suku di semua daerah Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.

5 bahasa daerah paling banyak digunakan di indonesia


Bahasa Daerah Paling Banyak Digunakan Di Indonesia

Dalam perkembangannya, tidak semua bahasa daerah familiar di telinga masyarakat Inodnesia. Dari ratusan bahasa daerah tersebut terdapat beberapa bahasa daerah yang paling populer atau paling banyak digunakan oleh Masyarakat Indonesia.

Adapun bahasa darah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Bahasa Jawa

Bahasa Jawa digunakan oleh masyarakat yang berada di daerah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan sebagian kecil daerah di Jawa barat. Selain di Indonesia, ada beberapa negara yang yamg menggunakan Bahasa Jawa, yakni Suriname, Singapura, Malaysia, dan Kaledonis Barat.

Bahasa Jawa sendiri memiliki berbagai macam dialek atau aksen tertentu di setiap daerahnya, seperti Blora, Cirebon, Madiun, Brebes, Banyumas, Malang, Jepara, Bumiayu, Demak, Kedu, Pati, Kudus, Tuban, Pekalongan, Tegal, Surakarta, Semarang, Surabaya, Bojonegoro, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Bahasa Sunda

Bahasa Sunda merupakan bahasa paling banyak digunakan di daerah Jawa Barat. Selain Jawa Barat, Bahasa Sunda juga tersebar di beberapa daerah seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, Sulawesi Utara, dan semua wilayah di seluruh Indoensia hingga berbagai negara yang menjadi tujuan urbanisasi Suku Sunda.

Sama halnya denga Bahasa Jawa, Bahasa Sunda juga memiliki berbagai macam dialek atau aksen, antara lain dialek barat yang berasal Banten Selatan, dialek utara yang berasal dari Bogor dan sekitarnya, dialek selatan atau dialek priangan yang berasal dari Bandung dan sekitarnya, dan masih ada banyak dialek lainnya.

3. Bahasa Madura

Bahasa Madura merupakan bahasa daerah yang berasal dari Pulau Madura. Bahasa Madura tersebura di seluruh daerah di pulau Madura, seperti di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Selain itu, bahasa Madura juga tersebar di daerah Kabupaten Malang, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, Jember, Banyuwangi, dan Pulau Bawean (Kabupaten Gresik).

Selain pulau Jawa dan Madura bahasa Madura juga tersebar di daerah di luar Pulau Jawa, seperti Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Kalimantan Barat. Bahasa Madura terdiri dari dua dialek, yakni dialek Pulau Madura dan dialek Pulau Bawean. Daerah sebaran geografis penutur dialek Pulau Madura tersebar di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Malang, Jember, Situbondo, Bondowoso, Pasuruan, dan Banyuwangi. Sedangkan dialek Bawean hanya dituturkan di Kecamatan Sangkapura dan Tambak, Pulau Bawean.

4. Bahasa Bugis

Bahasa Bugis meruakan bahasa daerah yang digunakan di berbagai daerah di Indonesia, seperti Riau, Kalimantan, Jambi, Lampun, DKI Jakarta, hingga Nusa Tenggara. Sedangkan untuk daerah Sulawesi Selatan, meskipun menggunakan Bahasa Bugis, namun masyarakat di sana menggunakan Bahasa Bugis De. Untuk di daerah DKI Jakarta, Bahsa Bugis digunakan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

5. Bahasa Minangkabau

Dengan banyaknya rumah makan Padang yang bertebaran di seluruh penjuru Indonesia bahkan dunia, membuat Bahasa Minangkabau menjadi bahasa yang populer. Bahasa Minangkabau sendiri merupakan bahasa daerah yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Dalam perkembangannya, selaian di Sumatera Barat Bahasa Minangkabau juga digunakan di berbagai daerah seperti Jambi, Riau, Aceh, Sumatera Utara, hingga Bengkulu.

Nah, itulah 5 bahasa daerah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url