Cara Daftar Pembayaran Digital QRIS

Sekarang ini pembayaran secara non tunai atau cashles semakin banyak diminati oleh masyarakat. Dengan metode pembayaran non tunai membuat masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Quick Response Code Indonesian Standard atau yang disingkat menjadi QRIS adalah salah satu sistem pembayaran yang paling banyak digunakan ketika ingin melakukan pembayaran secara non tunai.

cara daftar qris


Perlu diketahui, QRIS merupakan standar kode QR di Indonesia. System pembayaran non tunai dengan menggunakan QRIS ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS ini bukanlah cara pembayaran baru namun sudah diluncurkan sejak Agsutus 2019 yang lalu.

Lalu bagaimana cara pedagang untuk bisa mendapatkan QRIS ini?

Cara Daftar untuk Mendapatkan QRIS

Untuk mendapatkan QRIS harus melalui step by step yang benar agar data diterima dan bisa mendaptkan QRIS dan siap digunakan

1. Kunjungi Website & Registrasi

Langkah awal untuk mendaptkan QRIS adalah dengan mengunjungi website www.qris.id dan memahami informasi yang diberikan dan melakukan pendaftaran di halaman Registrasi QRIS.

  1. Mengakses website www.qris.id
  2. Setelah mendaptkan informasi tentang QRIS klik tombol daftar QRIS atau akses www.qris.id/register
  3. Pilih jenis bisnis sesuai dengan bidang Anda dan lakukan pengisian form

2. Pembayaran QRIS

Setelah selesai melakukan pengisian form, maka Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran QRIS menggunakan E-Wallet (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay dll) kesayangan Anda.

  1. Melakukan Pembayaran dengan menggunakan E-Wallet (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay dll)
  2. Jika sudah melakukan pengisian form tapi belum melakukan pembayaran makan pendaftaran akan di pending maksimal 14 hari sebelum data isian direset.

3. Mendapatkan Notifikasi Registrasi

Jika Anda sudah melakukan pembayaran maka akan mendapatkan username dan password untuk login di halaman Dashboard yang akan dikirim melalui email dan WhatsApp yang diinputkan di form pendaftaran.

  1. Mendapatkan username dan password melalui email juga WhatsApp yang diinputkan di form pendaftaran.
  2. login di halaman dashboard untuk melengkapi dokumen fisik administrasi dengan melakukan upload data secara mandiri.

4. Upload File Dokumen

Setelah masuk di halaman Dashboard QRIS, Anda akan diarahkan untuk upload file kelengkapan administrasi sebelum pengajuan diproses.

  1. Data segera dilengkapi dan diupload dengan benar, maka pengajuan akan diproses untuk mendapatkan NMID terhitung semenjak data diterima lengkap
  2. Jika data yang diupload mengalami kendala, dalam waktu 1x24 jam akan diinfokan kembali untuk diperbaiki melalui email dan WhatsApp.

5. Mendapatkan Notifikasi Hasil Kelengkapan File

Maksimal dalam waktu 7 hari kerja, Anda akan menerima notifikasi melalui media email dan WhatsApp, apakah data yang disampaikan sudah benar, lengkap atau masih ada yang kurang.

  1. Jika terdapat data yang salah, maka proses pengajuan wajib direvisi atau dilengkapi
  2. Apabila dokumen dan persyaratan sudah lengkap, maka pelanggan dapat langsung cetak QRIS secara mandiri
  3. Menggunakan Dashboard QRIS sebagai monitoring transaksi uang masuk di QRIS.

Nah, mudah dan cepat sekali, bukan, cara membuat QRIS? Jika pendaftaran QRIS sukses, kini Anda sudah bisa menerima pembayaran menggunakan QRIS. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Sumber: https://qris.id

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url