Keutamaan Puasa Syawal, Dapat Pahala Puasa Satu Tahun hingga Menyempurnakan Ibadah

Usai menjalankan ibadah puasa selam astu bulan penuh, ummat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri pada tanggal 1 Syawal. Sama halnya seperti bulan Ramadhan, ada sejumlah amalan ibadah yang bisa dilaksanakan di bulan Syawal.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan pada bulan Syawal adalah puasa Syawal. Puasa syawal merupakan puasa sunnah yang dilakukan selama 6 hari di bulan syawal yakni pada tanggal 2-7 Syawal.

keutamaan puasa syawal


Keutamaan Puasa Sawal

Puasa Syawal dilakukan sehari setelah hari Raya Idul Fitri, yakni pada tanggal 2 Syawal. Sama halnya seperti puasa di bulan Ramadhan yang memiliki banyak keutamaan, puasa Syawal juga memiliki keutamaan bagi yang menjalankannya. Apa saja keutamaan puasa syawal?. 

Adapun 6 keutamaan puasa sawal adalah sebagai berikut:

1. Seperti puasa setahun

Orang yang melakukan puasa Syawal maka akan mendapatkan pahala seperti berpuasa selama setahun. Keutamaan tersebut dijelaskan dalam sebuah hadist yang menyebutkan bahwa, "barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (H.R. Muslim nomor 1164)

2. Menyempurnakan Ibadah

Seperti ibadah sunnah lainnya, puasa Syawal dapat menjadi menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib. puasa Syawal dapat menyempurnakan kekurangan-kekurangan puasa di bulan Ramadhan. Sebab, tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan pada ibadah puasa yang kita jalankan selama bulan Ramadhan.

3. Tanda Diterimanya Amalan Puasa Ramadan

Jika Allah SWt menerima amalan seseorang, maka orang tersebut akan menunjukannya pada amalan selanjutnya. Jika, Allah SWT menerima amakan puasa Ramadhan, maka orang tersebut akan meningkatkan amalannya dengan menjalankan amalan ibadah lainnya, salah satunya yakni puasa 6 hari di bulan Syawal.

4. Ganjaran Pahala 10 Kali Lipat

Bagi yang melakukan puasa syawal maka akan diberikan ganjaran pahala sebanyak 10 kali lipat. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub yang berbunyi, "barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas 'Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."

5. Mendapat Pertolongan Rasulullah SAW

Orang yang menjalankan ibadah puasa Syawal akan mendapatkan pertolongan atau bsyafaat dari Rasulullah SAW. Hal tersebut dikarenakan berpuasa 6 hari di bulan Syawal merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi menyebutkan bahwa, "siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga."

6. Tanda Peningkatan Iman

Orang yang berpuasa di bulan Syawal menjadi salah satu tanda bahwa imannya sebagai seorang Muslim telah meningkat. Karena itulah bulan ini disebut dengan bulan Syawal yang artinya bulan penigkatan.

Nah, itulah beberapa keutamaan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url