Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Energi beserta Jenis dan Sifatnya

Manusia membutuhkan energi untuk bisa melakukan berbagai kegiatan. Tidak hanya manusia, terkadang benda dan makhluk hidup lainnya juga memerlukan energi untuk dapat melakukan aktivitas.

Tanpa adanya energi, maka manusia akan sangat kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya. Sebab energi menjadi salah satu faktor dasar yang menjadi sumber kekuatan dalam beraktivitas.

pengertian energi beserta jenis dan sifatnya

Pengertian Energi

Energi adalah suatu kekuatan yang dibutuhkan manusia untuk dapat menjalankan suatu pekerjaan atau usaha. Dapat dikatakan bahwa energi  merupakan bagian dari suatu benda tapi tidak terikat pada benda tersebut. Energi bersifat fleksibel yang berarti dapat berpindah dan berubah.

Jenis-jenis Energi

Ada beberapa jenis energi yang umumnya biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, adapaun jenisnya adalah sebagai berikut.

1. Energi otot

Energi otot merupakan salah satu energi yang berasal dalam tubuh manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Energi otot memeiliki peranan penting bagi manusia dalam menjankan aktivitasnya.

Sebab otot menjadi energi dasar bagi manusia, tanpa adanya energi otot maka manusia akan mengalami kesulitan dalam bergerak sehingga tidak dapat melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Energi gerak

Energi gerak adalah energi adalah energi yang dapat menimbulkan pergerakan pada suatu benda. Biasanya energi gerak dimanfaatkan untuk menggerakan atau memindahkan satu benda dari satu tempat ke tempat lainnya.

Energi gerak dapat dibedakan mejadi dua macam, yakni energi gerak kinetik dan energi gerak potensial.
  • Energi kinetik merupakan energi gerak yang dihasilkan oleh benda yang bergerak. Contohnya energi yang berasal dari angin yang bergerak (bertiup) dapat menggerakan kincir sehingga kincir angin tersebut dapat berputar.
  • Energi potensial merupakan energi yang mengubah posisi suatu benda yang asalnya diam menjadi bergerak. Contohnya jambu yang jatuh sendiri, sehingga dapat menimbulkan gerakan pada jambu tersebut.

3. Energi panas

Energi panas adalah energi yang dapat menimbulkan panas (kalor). Energi panas biasanya terjadi karena adanya perubahan dalam bentuk energi.

Biasanya energi panas tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti energi panas matahari yang di gunakan untuk menjemur pakaian ataupun pada. Sedangkan untuk tumbuhan, energi panas yang berasal dari matahari digunakan untuk melakukan proses fotosintesis.

4. Energi cahaya

Energi cahay merupakan sumber energi berupa cahaya, yang kemudian akan menhasilkan hasil dari aktivitas cahaya tersebut. Contohnya, energi cahaya yang berasal dari matahari digunakan untuk menghidupkan panel solar, energi cahay yang berasal dari lampu digunakan untuk penerangan.

5. Energi listrik

Energi listrik merupakan salah satu energi yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia. Energi listrik merupakan sumber tegangan arus listrik yang kemudian disalurkan ke berbagai saluran listrik sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Energi listrik dapat di ubah menjadi berbagai energi lainnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya, energi listri digunakan untuk berbagai macam alat elektronik seperti pada radio yang mengubah energi listrik menjadi energi suara,  televisi yang mengubah energi listrik menjadi energi suara dan gambar, pada kipas anginyang mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

6. Energi bunyi

Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan dari dari bunyi. Energi bunyi dapat dihasilkan dari tumbukan atau tabrakan suatu peristiwa dengan adanya perantara atau penhantar seperti udara atau benda liannya yang dapat menjadi penghantar bunyi. 

7. Energi Angin

Energi angi merupakan sumber energi yang dihasilkan oleh angin. Energi angin dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam aktivitas yang memerlukan angin. Contohnya, para nelayan memanfaatkan angin untuk pergi ke laut ataupun pulang ke darat. Energi angin juga dimanfaatkan untuk memutar kincir angin yang kemudian di salurkan ke turbin sehingga dapat menghasilkan energi listrik.

8. Energi kimia

Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan dari zat kimia. Biasanya energi kimia terjadi dengan mencampurkan zat-zat kimia atau senyawa kimia yang akan menghasilkan energi kimiaberupa panas atau reaksi kimia lainnya.

Contohnya, energi kimia yang terjadi dihasilkan setrika, dimana reaksi tersebut merupakan reaksi kima yang terjadi pada pemanasan besi sehingga panas yang keluar dapat dimanfaatkan untuk mensetika pakaian.

9. Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan dari reaksi kimia yang dikenal dengan reaksi fisi dan fusi pada sebuah inti atom.

Energi nuklir mampu menghasilkan energi yang cukup besar dengan hanya menggunakan massa yang lebih sedikit. Di negara maju banyak yang memanfatkan energi nuklir untuk menghasilkan energi listrik dengan dijadikan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Sifat-sifat Energi

Setelah kita mengenal jenis-jenis energi, dapat kita ketahui bahwa setiap energi memiliki sifatnya masing-masing. Adapun sifat-sifat dari energi adalah sebagai berikut.

1. Energi dapat bertransformasi (berubah)

Energi dapat bertransformasi (berubah), artinya energi dapat berubah dari suatu energi ke energi lainnya. Contohnya ketika energi listrik yang dapat diubah menjadi energi panas.

2. Energi dapat berpindah

Energi dapat berpindah, artinya energi dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau berpindah dari satu benda ke benda lainnya.

3. Energi dapat mentransfer

Energi dapat mentransfer, artinya energi dapat mentransfer energinya dari suatu benda ke benda lainnya dengan melalui perantara.

4. Energi bersifat kekal

Energi bersifat kekal, artinya energi tidak akan pernah habis. Di mana energi akan selalu ada dan akan selalu muncul serta sangat diperlukan oleh manusia untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian energi beserta jenis dan juga sifatnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, sekian dan terika kasih.

Referensi:

Artikel berjudul "PENGERTIAN ENERGI: Manfaat, Sifat, Macam Macam & Perubahan Bentuk Energi" diakses pada 19 Juni 2020, dari https://salamadian.com/pengertian-energi/

Artikel berjudul "Pengertian Energi" diakses pada 19 Juni 2020, dari https://belajargiat.id/energi-alam/
Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi