Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Huruf Hijaiyah beserta Tanda Bacanya

Sebagai seorang muslim tentunya kita harus mengenal huruf hijaiyah. Mengenal dan mempelajari huruf hijaiyah ini sangatlah penting, karena huruf di dalam Al-Qur'an ditulis dengan menggunakan huruf hijaiyah.

Belajar membaca Al-Qur'an perlu dilakukan sejak dini, karena masih banyak aturan yang berbeda dengan bahasa yang biasa kita gunakan.

Bahkan apabila seseorang lama tidak membaca Al-Qur'an atau berhenti untuk mempelajarinya, maka cepat atau lambat akan lupa dengan pelafalan huruf dan hukum bacaan tertentu.

mengenal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya
 

Pengertian Huruf Hijaiyah

Huruf hijaiyah adalah huruf alfabet yang digunakan dalam bahasa Arab. Huruf hijaiyah memiliki perbedaan cara baca dan aturan urutan dengan terminologi abjad.

Walaupun Al-Qur'an diturunkan di Arab dan ditulis dengan menggunakan huruf hijaiyah bukan berarti Al-Qur'an diturunkan hanya untuk orang Arab saja, tetapi bagi seluruh ummat Islam di seluruh dunia.

Berikut huruf hijaiyah dan cara membacanya yang benar:

mengenal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya
 

Jadi, dari tabel di atas dapat kita lihat hanya ada 8 huruf saja yang cara bacanya diakhiri dengan huruf 'o', yakni huruf غ , ق  ر , ط , ظ  , خ , ض , ص

Tanda Baca pada Huruf Hijaiyah

Setelah mengenal huruf hijaiyah, selanjutnya mengenal tanda bacanya, seperti kita mempelajari huruf vocal (a, i, u, e, o).

Bahasa Arab menggunakan tanda baca yang disebut dengan harakat. Tanda baca tersebut berfungsi untuk menentukan pengucapan kata dalam membaca Al'Qur'an.

Adapun untuk tanda baca yang digunakan dalam huruf hijaiyah adalah sebagai berikut:

  • Fathah ( َ / satu garis ) , terletak di atas huruf, dibaca ‘a’
  • Kasrah ( ِ /satu garis), terletak di bawah huruf dan dibaca ‘i’
  • Dhamah ( ُ wawu tapi kecil), terletak di atas huruf, dan dibaca ‘u’
  • Fathahtain ( ً /dua garis), terletak diatas huruf , dan dibaca ‘an’
  • Kasrahtain ( ٍ /dua garis) terletak di bawah huruf, dan dibaca ‘in’
  • Dhammahtain ( ٌ ./wawu kecil terbolak-balik) terletak di atas huruf dan di baca ‘un
  • Tasydid ( ّ / seperti huruf ‘w’ kecil), terletak di atas huruf, hurufnya dibaca dobel
  • Sukun ( ْ   / mirip lingkaran kecil), terletak di atas huruf, penanda huruf mati

Demikianlah penulisan dan cara membaca huruf hijaiyah beserta tanda bacanya. Perlu diketahui, bahwa tata cara penulisan dan penggantian huruf hijaiyah di atas sudah berpedoman pada Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 158/1987 dan 0543b/U/1987.

Semoga dengan mengenal huruf hijaiyah beserta tanda bacanya, kita semua diberikan kemudahan dalam mempelajari huruf hijaiyah tersebut, sehingga kita bisa lancar dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur'an.

Referensi:

Artikel berjudul "Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah dan Tanda Bacanya" diakses pada 21 September 2020, dari https://portal-ilmu.com/belajar-huruf-hijaiyah/

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi