Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Menakjubkan Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh

Daun binahong yang dikenal dengan nama madeirva vine, memiliki bentuk daun seperti hati sehingga banyak orang yang menjadikan daun binahong sebagai tanaman hias pada dinding halaman rumah. Masih banyak yang belum mengetahui khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh daun binahong. Sebenarnya sudah sejak jaman dahulu daun binahong digunakan sebagai obat herbal.

Daun binahong banyak kita temukan tumbuh subur hampir di selueruh wilayah Indonesia dan juga Asia Timur.

5 manfaat menakjubkan daun binahong bagi kesehatan tubuh


Kandungan Gizi Daun Binahong

Daun binahong memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

  • Beta karoten
  • Asam Askorbat
  • Riboflavin (B2)
  • Vitamin E
  • Kalsium

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Berikut ini 5 manfaat yang dapat terdapat pada daun binahong untuk kesehatan tubuh.

kandungan serta manfaat daun binahong bagi kesehatan


1. Mencegah asam urat

Daun binahong memiliki beberapa senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, senyawanya seperti saponin, polifenol, dan alkaloid. Semua senyawa tersebut mampu mengurangi terbentuknya asam pada sendi. Sehingga potensi terkena penyakit asam urat dapat dihindari.

2. Mencegah ambeien

Jika ingin penyakit ambeien kamu sembuh  tanpa harus melakukan operasi kecil, sebaiknya kamu mencari daun binahong. Karena daun binahong dapat mengecilkan ukuran ambeien pada anus dan sebagai anti-inflamasi. Caranya, rebus beberapa helai daun binahong dengan 3 gelas air. Kemudian minumlah air rebusan binahong tersebut setiap hari.

Dampingi metode alternatif ini dengan banyak minum air putih dan hindari duduk terlalu lama, serta makan-makan yang banyak mengandung lemak.

3. Mengobati herpes

Penyakit herpes bisa sangat menggangu, karena penyakit herpes  dapat menimbulkan rasa sakit seperti terbakart, juga dapat menimbulkan bekas pada kulit. Salah satu manfaat dari Daun binahong adalah dapat mengobati penyakit herpes, karena kandungan yang terdapat pada daun binahong dapat mengusir virus yang menjadi penyebab penyakit herpes. Caranya cukup dengan mengahluskan daun binahong dan menjadikannya sebagai salep, kemudian gosokan atau oleskan salep daun binahong pada bagian kulit yang terkena penyakit herpes.

4. Menghilangkan bekas jerawat

Banyak sekali krim dari berbagai merk yang menawarkan khasiat dapat menghilangkan bekas  jerawat dengan waktu singkat, namun kandungan bahan kimia yang ada didalamnya dapat menimbulkan efek samping pada kulit. Selain menggunakan krim yang terbuat dari bahan kimia ternyata ada cara alternatifnya, yang tentunya lebih alami dan tidak menimbulkan efek samping yaitu dengan menggunakan daun binahong, karena daun binahong dapat menghilangkan bekas yang di akibat jerawat pada kulit. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, daun binahong juga dapat digunakan untuk mengecilkan dan mengempeskan jerawat.

Caranya, tumbuklah daun binahong hingga halus kemudian gunakan sebagai masker harian. Kandungan vitamin E pada daun binahong mampu membantu meregenerasi kulit wajah kamu yang memiliki noda bekas jerawat.

5. Mengobati gagal ginjal

Ketika kamu didiagnosa mengalami gagal ginjal, maka jangan langsung panik. Daun binahong dapat membantu kamu sebagai bagian pengobatan alternatif. Daun binahong memiliki manfaat untuk menurunkan level kreatinin pada ginjal. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus daun binahong kemudian minumlah air rebusan daun binahong setiap hari.

Seringkali daun binahong diabaikan karena masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari daun binahong. Bagi kamu yang akan menggunakan daun binahong sebagai bagian dari terapi, sebaiknya menjadikan tanaman bianhong sebagai bagian dari pekarangan rumah kamu.

Itulah kandungan dan juga manfaat yang dimiliki daun binahong untuk kesehatan tubuh kita. Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan.

Referensi:

Dilansir dari berbagai sumber

Pijaria
Pijaria Merupakan blog referensi edukasi dan informasi