Manfaat Daun Kelor dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Mungkin kamu pernah mendengar peribahasa "Dunia Tak Selebar Daun Kelor", Ya, memang karena daun kelor sendiri memiliki ukuran yang kecil. Sehingga orang tua zaman dahulu membuat peribahasa seperti itu.

Walau daun kelor mempunyai ukuran yang kecil, daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. bahkan para ilmuan menyebut pohon kelor sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

manfaat daun kelor


Daun Kelor

Daun kelor memiliki bentuk buta lonjong, ukurannya kecil yang tersusun rapi pada sebuah tangkai. Biasanya daun kelor dimasak sebagai sayur yang digunakan untuk pengobatan. Penelitian mengenai manfaat tanaman kelor telah dimulai sejak tahun 1980, mulai dari daun, kulit batang, buah dan juga bijinya.

Kandungan Daun Kelor

Berikut kandungan yang dimiliki oleh daun kelor:

  1. Potasium 3x lebih banyak dari pisang.
  2. Kalsium 4x lebih banyak dari susu.
  3. Vitamin C 7x lebih banyak dari jeruk.
  4. Vitamin A 4x banyak dari wortel.
  5. Protein 2x lebih banyak dari susu.

WHO  menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree atau pohon ajaib karena manfaat dari kandungan yang dimilikinya. Penelitian yang telah dilakukan oleh pakar kesehatan menunjukan bahwa hampir pada setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting bagi kesehatan.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Adapun manfaat yang terdapat daun kelor adalah sebagai berikut:

1. Anti stres

Menurut Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics, daun kelor mеruраkаn sаlаh sаtu аdарtоgеn аlаmi. Аrtinyа, tаnаmаn kelor mеmiliki kеmаmрuаn dаlаm mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng diрicu akibat strеss.

2. Menurunkan gula darah

Gula darah bisa menjadi masalah yang serius bagi kesehatan tubuh. Dula darah yang tinggi menyebabkan penyakit diabetes. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan tingginya gula darah yang ada pada tubuh dapat memicu berbagai penyakit lain seperti jantung. Salah satu cara untuk menurunkan gula darah pada tubuh adalah dengan cara memanfaatkan daun kelor.

Sebuah penelitian telah menguji dengan mencampurkan 50gram daun kelor ke dalam makanan, dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah sebanyak 21%.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera sebagai mekanisme p3rlindungan yang dilakukan oleh tubuh. Tetapi peradangan yang terjadi secara berkelanjutan diyakini menjadi salah satu tanda atau gejala penyakit jantung dan kanker. kandungan anti-inflamasi yang terdapat pada daun kelor dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh.

4. Menurunkan kolesterol

Tingginya jumlah kolesterol yang terdapat pada darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu manfaat dari daun kelor adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Kaya antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas pada tubuh. Daun kelor yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dapat menjadi salah satu solusi untuk menurunkan radikal bebas yang ada pada tubuh. Daun kelor dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan sayur teman nasi atau dapat juga dijadikan sebagai teh. Selain dapat di jadikan sayur dan juga teh, ekstra daun kelor juga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet alami.

6. Anti kanker

Dalam sebuah studi yang membahas tentang kultur jaringan sel kanker serviks manusia yang diterbitkan oleh jurnаl Fооd аnd Chеmicаl Tоxicоlоgy pada edisi Juni tahun 2011 mengatakan bahwa ekstra daun kelor memiliki manfaat sebagai anti kanker. Ekstra daun kelor dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker dan memiliki potensi sebagai pencegah alami.

7. Anti diabetes

Tingginya kandungan seng dalam daun kelor dapat di jadikan sebagai obat anti diabetes. Seng merupakan mineral yang sangat diperlukan untuk memproduksi insulin.

8. Mengobati arthritis

Daun kelor juga dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit dari beberapa bentuk arthritis. Ekstra dari daun dan juga akar kelor dapat digunakan untuk mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi yang terkena rematik. Kombinasi ekstra daun dan akar kelor memiliki "efek sinergis" yang dapat mengurangi rasa sakit.

9. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Daun kelor memiliki kandungan kalsium dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain tinggi kandungan serat daun kelor juga mampu membantu mengkontrol berat badan, dengan memberikan efek rasa kenyang lebih lama sehingga metabolisme pada tubuh menjadi lebih optimal.

10. Menyehatkan mata

Kаndungаn vitаmin А pada daun kelor sangat tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan wortel yang di gadang-gadang sebagai sumber vitamin A. Karena itu, tak heran apabila mengkonsumsi daun kelor secara rutin mampu memberikan efek baik bagi kesehatan mata.

manfaat dan efek samping daun kelor


Efek Samping Daun Kelor

Daun kelor cukup aman ketika di konsumsi dan digunakan dengan cara yang tepat. Daun, buah, dan juga biji-bijian yang berasal dari pohon kelor mungkin aman bila di konsumsi sebagai makanan. Namun kita harus menghindari mengkonsumsi akar tanaman kelor karena mengandung zat beracun.

Bagi ibu hamil harus menghindari mengkonsumsi tanaman kelor, karena tingginya kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya dikhawatirkan dapat menyebabkan komplikasi selama masa kehamilan dan dapat menyebabkan keguguran. memang ada beberapa pendapat mengenai hal ini, alangkah lebih baiknya demi menghindari kemungkinan buruk akibat mengkonsumsi tanaman kelor adalah mengkonsumsinya ketika sedang hamil maupun menyusui.

Nah, itulah 10 manfaat daun kelor dan efek sampingnya bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Ternyata tanaman kelor banyak kita jumpai di sekitar rumah memiliki banyak khasiat dan kegunaan bahkan mulai digandrungi di dunia barat. Terima kasih semoga bermanfaat.

Referensi:

Dilansir dari berbagi sumber.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url